Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Bahas Kerjasama dengan Konsulat Jenderal Australia

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 27 Februari 2024
0 dilihat
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Bahas Kerjasama dengan Konsulat Jenderal Australia
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (kiri), Konjen Australia, Tod Dias (kanan). Foto: Ist.

" Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto berdiskusi dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Australia Todd Dias serta stafnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto berdiskusi dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Australia Todd Dias serta stafnya, Selasa (27/2/2024).

Pertemuan itu bertujuan untuk membangun kerjasama antara Sulawesi Tenggara dan Australia.

Andap Budhi Revianto didampingi beberapa kepala perangkat daerah menerima audiensi dari Konjen Australia, Todd Dias beserta rombongan. Mereka berkumpul untuk membahas potensi kerjasama antara kedua pihak.

Tujuan dari audiensi tersebut adalah untuk menjalin hubungan yang baik antara Pemerintah Provinsi Sultra dan Konsulat Jenderal Australia. Pertemuan itu juga bertujuan untuk menjajaki potensi kerjasama di berbagai bidang.

Baca Juga: Andi Nur Lapae Meninggal Dunia, Sosok Inspirasi Para Tokoh di Sulawesi Tenggara

Pada awal pertemuan, Andap Budhi Revianto menyampaikan ucapan selamat datang kepada Konsulat Jenderal Australia Todd Dias beserta rombongan. Dia juga memberikan gambaran mengenai kondisi Sultra.

"Pada tahun 2024 ini kami telah melakukan 3 (tiga) kali ekspor berbagai komoditas masing-masing kakao fermentasi, biji pinang, serta terakhir tuna dan kepiting ke Amerika Serikat dan Filipina," kata Andap Budhi Revianto.

Potensi pariwisata Sultra juga dibahas dalam pertemuan tersebut. Taman nasional, biota laut Wakatobi, Pantai Toronipa, Pulau Labengki, Pulau Bokori, dan Benteng Keraton Buton menjadi sorotan dalam presentasi Pj Gubernur.

Andap Budhi Revianto juga menyoroti sektor pariwisata Sultra yang berhasil meraih Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia tahun 2023. Prestasi ini menunjukkan pengakuan terhadap pariwisata Sultra di tingkat nasional.

Baca Juga: Kota Kendari Harus Bersiap Hadapi Kemacetan

Dalam diskusi, Pj Gubernur menyoroti potensi kerjasama di sektor pendidikan dan kesehatan. Dia mengajukan gagasan untuk penguatan sistem vokasi dan peningkatan kualitas tenaga kesehatan di Sultra.

Andap Budhi Revianto berharap, kerjasama dengan Australia dapat membantu dalam pengembangan sumber daya manusia di Sultra. Dia menyebutkan peluang beasiswa dan pendidikan vokasi sebagai bentuk kontribusi yang diharapkan dari pihak Australia.

Sementara itu, Konjen Australia mengatakan, sangat tertarik dengan potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang dimiliki Provinsi Sultra.

"Saya kagum dengan sumber daya yang ada di Sultra, selain alamnya yang indah ternyata SDMnya juga memiliki keinginan tinggi untuk mengembangkan potensi dirinya. I hope i can facilitate your advice Mr Governor," pungkas Tod Dias. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga