Pj Wali Kota Kendari Terjun Langsung di Lokasi Banjir dan Menata Rumah Warga yang Terdampak

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 22 Juni 2024
0 dilihat
Pj Wali Kota Kendari Terjun Langsung di Lokasi Banjir dan Menata Rumah Warga yang Terdampak
Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup, terjun langsung ke lokasi banjir. Foto: Ist.

" Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, terjun langsung ke lokasi banjir yang melanda beberapa kecamatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, terjun langsung ke lokasi banjir yang melanda beberapa kecamatan.

Didampingi Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, kunjungan ini bertujuan untuk memantau kondisi warga dan memberikan bantuan langsung. Pj Wali Kota Kendari menyampaikan bahwa Pemkot Kendari saat ini sedang melakukan pendataan rumah warga yang rusak akibat banjir.

Pj Wali Kota meninjau tingkat kerusakan, mulai dari rusak berat, rusak sedang, hingga rusak ringan. Foto: Ist.

 

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Telisik.id, pendataan ini bertujuan untuk mengklasifikasikan tingkat kerusakan, mulai dari rusak berat, rusak sedang, hingga rusak ringan. Selain itu, Pemkot Kendari juga sedang menghitung kebutuhan dana untuk perbaikan rumah-rumah yang terdampak.

Baca Juga: Rayakan Idul Adha, PT Prima Mandiri Sultra berbagi Hewan Kurban dan Sembako

Proses perbaikan ini akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan pemerintah kota. Pemkot Kendari mengajak semua pihak untuk terlibat dalam penanganan bencana ini.

Hal ini melibatkan dunia usaha, pihak swasta, pemerintah, akademisi, dan media untuk bekerja sama menyelesaikan masalah kebencanaan di Kota Kendari.

Didampingi Sekda Kota Kendari, kunjungan ini bertujuan untuk memantau kondisi warga dan memberikan bantuan langsung. Foto: Ist.

 

Pj Wali Kota Kendari juga menekankan pentingnya menjaga alam agar dapat mengurangi risiko bencana di masa depan. Fenomena alam yang tidak dapat diprediksi menjadi alasan utama terjadinya banjir yang melanda beberapa wilayah di Kota Kendari.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kota Kendari, La Ode Abdul Manas Salihin, mengerahkan 50 personel untuk membantu pembersihan rumah warga yang terdampak banjir. Personil tersebut dilengkapi dengan peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung kerja tim dari BPBD, DLHK, dan Satpol PP Kota Kendari.

Pembersihan ini dilakukan untuk memastikan akses jalan tidak terhalang oleh lumpur yang terbawa oleh banjir. Pemerintah Kota Kendari memastikan bahwa upaya pembersihan ini akan terus berlanjut hingga situasi kembali normal.

Kondisi rumah warga yang berdampak banjir. Foto: Ist.

 

Salah satu warga, Risal, dari RT 04 RW 01 Kelurahan Sanua, mengungkapkan bahwa intensitas hujan yang tinggi bersamaan dengan pasangnya air laut menjadi penyebab utama banjir kali ini. Kondisi ini mengakibatkan air kali meluap dan menggenangi rumah-rumah warga.

Baca Juga: Pemkot Kendari Bakal Bangun Drainase Terintegrasi untuk Penataan Kota Terhindar Banjir

Risal menambahkan, jika hujan dengan intensitas tinggi terjadi tanpa bersamaan dengan pasang air laut, banjir tidak akan terjadi. Namun kali ini, kedua kondisi tersebut terjadi bersamaan sehingga menyebabkan banjir yang lebih parah.

Pemkot Kendari melalui dinas terkait, terus berada di lokasi banjir untuk membantu warga membersihkan lumpur dan material lain yang menghalangi akses jalan. Upaya ini dilakukan untuk memulihkan kondisi lingkungan dan membantu warga kembali ke aktivitas normal.

Proses penanganan banjir di Kota Kendari dilakukan secara terkoordinasi dengan melibatkan berbagai instansi terkait. Pemerintah Kota Kendari berkomitmen untuk terus memberikan bantuan kepada warga yang terdampak dan memastikan keselamatan serta kenyamanan mereka. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga