Plt Bupati Koltim Ajak Seluruh Pihak Sukseskan Pilkades Serentak

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 31 Agustus 2022
0 dilihat
Plt Bupati Koltim Ajak Seluruh Pihak Sukseskan Pilkades Serentak
Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengajak seluruh pihak untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkades serentak di 83 desa. Foto: Ist.

" Plt bupati berharap seluruh pihak dapat menyukseskan pesta demokrasi itu dengan aman dan lancar "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kolaka Timur (Koltim) akan berlangsung di 83 desa tahun ini. Plt bupati berharap seluruh pihak dapat menyukseskan pesta demokrasi itu dengan aman dan lancar.

Hal ini disampaikan Plt Bupati Koltim, Abdul Azis saat membuka sosialisasi Pilkades serentak di 83 desa se-Koltim 2022, di Aula Pemda Koltim, Rabu (31/8/2022).

Bupati menyampaikan jika pelaksanaan Pilkades, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.  

Lalu, Peraturan Daerah Kabupaten Kolaka Timur Nomor 22 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kolaka Timur Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Desa.

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengajak seluruh pihak untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkades serentak di 83 desa. Foto: Ist.

 

Kemudian, Peraturan Bupati Kolaka Timur Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bupati Kolaka Timur Nomor 27 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Desa. Juga Surat Keputusan Bupati Kolaka Timur tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Kolaka Timur Tahun 2022.

Baca Juga: Setelah Disuarakan Rakyat, DPRD dan Dinas PUPR Bombana Cek Kerusakan Jalan Desa

Abdul Azis meminta anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), melalui fungsi pengawasan agar memastikan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) nantinya menjalankan seluruh tahapan kegiatan Pilkades Koltim 2022.

Tahapan kegiatan harus diumumkan dan disosialisasikan PPKD kepada masyarakat melalui papan pengumuman dan tempat-tempat umum lainnya. Sehingga masyarakat dapat mengetahui rangkaian kegiatan Pilkades serentak, serta turut mengawasi jalannya perhelatan demokrasi ini dari awal sampai akhir.

Panitia penyelenggara Pilkades yang menyelenggarakan setiap tahapan, lanjut Abdul Azis, wajib memahami dengan baik tata cara pemungutan dan penghitungan suara sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Selain memberikan bimbingan teknis kepada panitia Pilkades, panitia diharapkan agar dapat membantu kepala desa untuk memahami dan melaksanakan tugas dengan baik.

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengajak seluruh pihak untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkades serentak di 83 desa. Foto: Ist.

 

Kepada para camat, diharapkan untuk melaksanakan fasilitasi pada setiap musyawarah pembentukan panitia pemilihan kepala desa yang diselenggarakan oleh anggota BPD di setiap wilayah kecamatannya.

"Tentunya kita menginginkan gelaran demokrasi ini berjalan dengan lancar, oleh karena itu sinergitas antara pemangku kepentingan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Mari berkerja secara kooperatif dan kolaboratif, sehingga kita mampu sukseskan Pilkades serentak serta dapat memilih kepala desa yang amanah dan professional,” ucap Plt Bupati  Abdul Azis.

Baca Juga: Tak Ada Pasokan Gas, Warga Konkep Terpaksa Pakai Kayu Bakar

Ia juga menyampaikan, jika tolak ukur keberhasilan Pilkades yang berkualitas, demokratis dan berintegritas ada di tangan panitia tetaplah menjaga netralitas.

“Panitia pilkades harus menjaga netralitas sebagai penyelenggara karena masa depan kita ada di tangan rekan-rekan sekalian, harapan kami selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur, terwujudnya Pilkades yang aman dan damai melalui peran serta pihak keamanan di bawah naungan Polres Kolaka dan Kodim 1412 Kolaka. Semoga pengabdian dan komitmen kita dalam melaksanakan tugas menjadi amal ibadah bagi kita semua,” tutup pria kelahiran 1986 ini.

Turut mendampingi Plt Bupati, Ketua TP PKK Koltim Hartini Abd Azis, Sekretaris Daerah Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa, Ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir, Kapolres Kolaka AKBP Resza Ramadianshah, perwakilan Kajari dan Dandim Kolaka Serta pimpinan OPD. Serta hadir seluruh camat dan kepala desa dan lurah se-Koltim. (C-Adv)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga