Polda Sulawesi Tenggara Tanam Puluhan Ribu Bibit Pohon Mangrove

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 23 Agustus 2023
0 dilihat
Polda Sulawesi Tenggara Tanam Puluhan Ribu Bibit Pohon Mangrove
Brigjen Pol Dwi Iriyanto, memberikan penjelasan bahwa aksi penanaman bibit mangrove ini adalah hasil dari inisiatif Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Ist.

" Jajaran Polda Sulawesi Tenggara kembali melakukan aksi nyata untuk melestarikan lingkungan yaitu penanaman pohon mangrove, yang dipimpin Wakapolda "

KENDARI, TELISIK.ID - Polda Sulawesi Tenggara sukses menanam puluhan ribu bibit pohon mangrove. Secara serentak, penanaman pohon juga dilakukan di seluruh Indonesia. Penanaman masif ini tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI), menciptakan sejarah baru dalam upaya pelestarian lingkungan.

Rabu (23/8/2023) pagi, jajaran Polda Sulawesi Tenggara kembali melakukan aksi nyata untuk melestarikan lingkungan. Wakapolda memimpin langsung penanaman puluhan ribu bibit mangrove di Kawasan Teluk Kendari.

Tampak hadir pula Forkopimda se-Sulawesi Tenggara, memberikan dukungan penuh terhadap upaya penyelamatan lingkungan ini.

Wakapolda, Brigjen Pol Dwi Iriyanto mengatakan, acara yang dimulai pukul 08.00 Wita itu adalah inisiatif Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Penanaman dilakukan secara serentak di seluruh jajaran Polres se-Sulawesi Tenggara, dengan total lebih dari 20 ribu bibit mangrove disiapkan.

Baca Juga: Maknai HUT ke-78 RI, Polda Sulawesi Tenggara Tanam 1000 Pohon Mangrove

Menyuarakan semangat pelestarian lingkungan, Brigjen Pol Dwi Iriyanto menyampaikan bahwa penanaman mangrove tidak hanya bermanfaat bagi keindahan alam, tetapi juga berperan penting dalam melindungi pantai dari abrasi. Ia berharap aksi ini akan memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat di Sulawesi Tenggara.

Penanaman dilakukan secara serentak di seluruh jajaran Polres se-Sulawesi Tenggara, dengan total lebih dari 20 ribu bibit mangrove. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

 

Dilansir dari nasional.okezone.com, Sulawesi Tenggara bukan satu-satunya daerah yang terlibat dalam gerakan pelestarian lingkungan ini. Pada saat yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan delegasi ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) +3 ke-17 tengah melaksanakan kegiatan serupa di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga: Polres Mulai Hijaukan Muna dan Muna Barat

Melibatkan seluruh Polda Jajaran di Indonesia, para anggota Polri dan delegasi AMMTC secara serentak menanam beragam jenis pohon, termasuk bakau, beringin, asem jawa, kesambi, dan mahoni.

Keberhasilan aksi penanaman pohon ini tak hanya melahirkan manfaat ekologis, tetapi juga prestasi yang luar biasa. Penanaman pohon serentak dan masif ini berhasil meraih pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), dalam kategori penanaman bibit pohon serentak dan terbanyak. Pencapaian ini menunjukkan komitmen nyata dalam menjaga kelestarian alam.

Kapolri dan para delegasi AMMTC tampak antusias menggali makna pelestarian lingkungan di Taman Nasional Komodo. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan rasa terima kasih kepada masyarakat Labuan Bajo, NTT, atas dukungan yang diberikan dalam suksesnya acara AMMTC ke-17 ini. Puluhan ribu bibit pohon yang ditanam tidak hanya mengubah pemandangan, tetapi juga menjadi simbol kesadaran kolektif akan pentingnya menjaga keberlanjutan bumi. (B-Adv).

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga