Polda Sumatera Utara Didesak Tangkap Direktur PDAM Tirta Wampu Langkat

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Jumat, 11 Agustus 2023
0 dilihat
Polda Sumatera Utara Didesak Tangkap Direktur PDAM Tirta Wampu Langkat
Massa ketika berdemontrasi di Mapolda Sumatera Utara dugaan pelanggaran di PDAM Tirta Wampu. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" DPD Laskar Pemuda Nusantara (Lapera) berdemontrasi jilid kedua ke Mapolda Sumatera Utara, Jalan Sisingamangaraja KM 10,5 Medan, Jumat (11/10/2023) siang "

MEDAN, TELISIK.ID - DPD Laskar Pemuda Nusantara (Lapera) berdemontrasi jilid kedua ke Mapolda Sumatera Utara, Jalan Sisingamangaraja KM 10,5 Medan, Jumat (11/10/2023) siang.

Massa dalam orasinya meminta dengan tegas agar Polda Sumatera Utara, segera memeriksa dan menangkap Direktur PDAM Tirta Wampu di Kabupaten Langkat.

"Kami minta segera periksa dan tangkap Direktur PDAM Tirta Wampu atas dugaan pelanggaran hukum yang dilakukannya," kata Koordinator lapangan, Andrian Aditia.

Ada 11 poin dugaan pelanggaran yang terjadi di PDAM Tirta Wampu Langkat, di antaranya dugaan penyimpangan bonus akhir tahun (BAT) dan tidak diberikan kepada karyawan di tahun 2023.

Baca Juga: Pembangunan Laboratorium SDN 101.791 Telan Anggaran Fantastis Diawasi

Lalu, dugaan dana simpanan hari tua (SHT) tidak disetorkan ke Bank Syari’ah Indonesia (BSI) selama 7 bulan dari November 2022 hingga Mei 2023.

Dugaan adanya penundaan pembayaran gaji terhadap karyawan yang presentase penagihan di bawah 100% setiap bulannya.

Dugaan dana iuran Jamsostek belum dibayarkan, gaji atau uang pesangon karyawan yang pensiun, pelanggan yang pemakaiannya dibawah 10 m3 dikenakan pemakaian 15 m3.

Kemudian, dugaan pemindahan golongan pelanggan semena-mena tanpa adanya sosialisai golongan rumah tangga menjadi golongan niaga.

Selanjutnya, pelanggan yang water meternya rusak diberikan tarif 50 m3 sampai dengan 100 m3 setiap bulannya dan dugaan penjualan aset perusahaan, serta pengangkatan karyawan yang belum menerima SK direktur, namun sudah menerima gaji sesuai dengan golongan karyawan

"Selain itu, manajemen keuangan di PDAM Tirta Wampu Langkat juga sangat buruk dan amburadul. Kami meminta agar polisi segera memproses tuntutan kami," ucapnya.

Baca Juga: Kepala Sekolah Ini Dilantik Dua Kali dalam 5 Hari, DPRD Sumatera Utara Pertanyakan Mekanisme

Mereka mengaku, memiliki bukti dugaan penyimpangan yang terjadi di PDAM Tirta Wampu Langkat.

"Kami sudah dua kali demontrasi. Kami akan melakukan demo yang ketiga kalinya jika ini belum menemukan titik terang," ungkapnya.

Massa diterima oleh pihak SPKT Polda Sumatera, AKP Nelson Ginting. Mereka mengaku akan menindaklanjuti aspirasi dari masyarakat.

"Untuk yang pertama sekali, aksi dari teman-teman sudah saya tindaklanjuti dan saya sampaikan kepada pimpinan. Untuk aksi yang kedua ini, saya akan sampaikan kembali kepada pimpinan. Kami dari Polda Sumatera Utara juga meminta sejumlah bukti untuk diproses secara langsung," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga