Logo Telisik.id

Polisi Tangkap Begal Bermodus Beli HP Bekas

203 dibaca Polisi Tangkap Begal Bermodus Beli HP Bekas

Pelaku begal bermodus beli HP bekas dengan harga tinggi, setelah ditangkap polisi. Foto: Yusrin/Telisik

" "

KOLAKA, TELISIK.ID - Tim Elang Polres Kolaka berhasil menangkap seorang begal yang selama ini meresahkan warga di Kabupaten Kolaka.

Modus begal ini terbilang cerdik, yaitu dengan berpura-pura memasang status di Medsos melalui fecebook bahwa dirinya ingin membeli HP dengan harga tinggi.

Paur Humas Polres Kolaka, Bripka Riswandi membenarkan, Tim Elang Polres Kolaka mengamantan pelaku begal yang berinisial NW (19), warga Kecamatan Watubangga, Kolaka.

"Dengan modus, pelaku memanfaatkan media facebook untuk mencari korbannya, dengan berpura-pura mencari akun facebook wanita yang ingin menjual HP-nya," tutur Riswandi, Sabtu (27/6/2020).

Kemudian pelaku menghubungi korbannya untuk membeli HP-nya dengan harga tinggi. Kemudian pelaku dan korban bertemu di tempat yang ditentukan oleh pelaku.

Korban yang bernama Sinta (21) mengungkapkan, pada hari Kamis (25/6/2020) sekitar pukul 17.00 Wita, dia bertemu pelaku di daerah Kecamatan Pomalaa. Pelaku kemudian menyuruh korbannya untuk mengikutinya sampai di Desa Lamedai untuk mengambil uang.

Baca juga: Tukang Batu Spesialis Pembobol Rumah Dibekuk Polisi

Kemudian pelaku menyuruh korbannya menunggu di pinggir jalan. Namun beberapa menit kemudian, pelaku kembali mendatangi korban dengan alasan uangnya masih kurang dan harus kembali ke Pomalaa untuk mengambil uang di ATM.

Korban langsung mengarah kembali ke Pomalaa. Ketika dalam perjalanan, pelaku menelpon korban agar kembali ke Desa Sopura, Kecamatan Pomalaa, akibat motor yang digunakan pelaku mogok karena kehabisan bensin.

Setelah pelaku bertemu kembali dengan korban, pelaku kemudian memberikan amplop, dan korban menyerahkan HP-nya kepada pelaku.

Namun setelah korban membuka amplop, ternyata isinya uang mainan. Seketika itu pelaku memukul dan mendorong korban hingga terjatuh di semak-semak dan langsung melarikan diri.

Berdasarkan laporan korban, Tim Elang Polres Kolaka bergerak cepat melakukan pengejaran terhadap pelaku. Pelaku akhirnya berhasil ditangkap di Desa Tondowolio, Kecamatan Tanggetada.

"Dari tangan tersangka, Tim Elang Polres Kolaka berhasil mengamankan dua unit handphone, satu buah pisau yang biasa digunakan pelaku untuk mengancam korbannya serta satu unit sepeda motor milik pelaku," ungkapnya.

Kini pelaku diamankan di Polres Kolaka  untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, dan dikenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman maksimal 9 tahun penjara.

Reporter: Yusrin

Editor: Haerani Hambali

Loading...

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video