Polres Konawe Selidiki Dugaan Pungli Perekrutan PPS

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 27 Januari 2023
0 dilihat
Polres Konawe Selidiki Dugaan Pungli Perekrutan PPS
Polres Konawe lakukan penyelidikan dugaan pungli perekrutan PPS. Foto: Ist.

" Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Konawe melakukan penyelidikan terhadap dugaan praktik pungutan liar (pungli) dalam perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di daerah tersebut "

KONAWE, TELISIK.ID - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Konawe melakukan penyelidikan terhadap dugaan praktik pungutan liar (pungli) dalam perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di daerah tersebut.

Dugaan praktik pungli dalam perekrutan PPS di Kabupaten Konawe sangat ramai di perbincangan di media sosial.

Satreskrim Polres Konawe telah menerima informasi dari masyarakat, serta telah mulai bergerak melakukan penyelidikan dan penyidikan pada perekrutan PPS.

Baca Juga: 7 Paket PEN Belum Selesai, Pencairan Dana di Bawah Progres Fisik

Kasat Reskrim Polres Konawe, AKP Jacub N Kamaru menuturkan, pihaknya sudah mendapat informasi persoalan terjadinya pungli pada perekrutan PPS.

"Anggota sementara melakukan penyelidikan dugaan pungli yang dilakukan oknum-oknum tertentu," ucapnya, Jumat (27/1/2023).

Ia juga mengatakan, pihaknya tidak akan pandang bulu dalam menegakkan hukum dalam dugaan pungli tersebut.

"Siapapun yang terlibat akan diproses sesuai hukum yang berlaku," tegasnya.

Diketahui, KPU Kabupaten Konawe melakukan perekrutan PPS sebanyak 1.044 orang dan telah dilantik untuk persiapan Pemilu 2024.

Permasalah itu bermula dari postingan KPU yang mengunggah hasil tes akhir dari perekrutan PPS yang dinyatakan lulus.

Sayangnya postingan tersebut langsung ramai-ramai diserang oleh masyarakat dan menuding terdapat dugaan suap dalam perekrutan PPS tersebut.

Akun bernama Mom's Abhy Rheyn dalam komentarnya menuliskan "sia-sia kita belajar supaya dapat nilai memuaskan tapi karena uang segalanya, itu namanya tidak adil".

Senada, akun bernama Uny Motz Motzz menjelaskan, saat ujian mendapatkan nilai tertinggi 96, saat wawancara dijawab sempurna, namun akhirnya tidak diluluskan.

"Memang belum rejeki, tapi sempat dimintai uang tadi malam supaya bisa lolos, apalah dayaku tak punya uang," tulisnya di komentar Facebook.

Serta masih banyak komentar-komentar lain yang mengatakan bila pengumuman hasil tes perekrutan PPS ini tidak adil dan terdapat pungli.

Baca Juga: Artis Venna Melinda Bakal Laporkan Ferry Irawan jika Nekat Bongkar Aib Keluarga

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Konawe, Muhammad Azwar saat dikonfirmasi melalui telepon seluler menuturkan, pihaknya melakukan seleksi PPS sesuai dengan pedoman PKPU Nomor 8 Tahun 2022 dan juknis 534.

"Semua sudah berjalan sesuai regulasi yang kita pedomani dan telah rampung," ujarnya.

Ia menambahkan, terkait isu yang berkembang di luar dirinya tidak dapat menanggapi hal tersebut karena dalam perekrutan PPS banyak mendapat berbagai reaksi dari masyarakat.

"Masih banyak masyarakat yang mendukung serta mengapresiasi kinerja KPU Konawe," tambahnya. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga