Prabowo dan Gibran Kompak ke RSPAD, Hasil Kolektif Pemeriksaan Kesehatan Diserahkan ke KPU Besok

Mustaqim, telisik indonesia
Kamis, 26 Oktober 2023
0 dilihat
Prabowo dan Gibran Kompak ke RSPAD, Hasil Kolektif Pemeriksaan Kesehatan Diserahkan ke KPU Besok
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sesaat sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Kamis (26/10/2023). Foto: Mustaqim/Telisik

" Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, menjadi pasangan terakhir menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023) pagi "

JAKARTA, TELISIK.ID – Bakal pasangan calon (bapaslon) presiden-wakil presiden yang diusung gabungan partai dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, menjadi pasangan terakhir menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023) pagi.

Dua bapaslon sebelumnya yang sudah menjalani pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang sama yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN) pada Sabtu (21/10/2023). Kemudian pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sehari berikutnya, Minggu (22/10/2023).

Prabowo dan Gibran datang pada waktu yang bersamaan, pukul 06:58 WIB, meski tidak semobil. Mereka datang secara beriringan. Gibran semobil dengan istrinya, Selvi Ananda. Prabowo dan Gibran kompak mengenakan baju warna biru berbahan jeans.

Gibran yang berjalan di belakang Prabowo dengan didampingi istri, hanya melempar senyum. Ketika ditanya para wartawan, apakah Mas Gibran puasa? Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Jokowi itu hanya menjawab singkat. “Puasa,” jawabnya. Setelah itu, Gibran lagi-lagi irit bicara.

Sikap irit bicara kepada wartawan juga ditunjukkan Gibran seusai mendaftar sebagai bapaslon presiden-wakil presiden bersama bacapres pasangannya, Prabowo Subianto, di kantor KPU RI pada Rabu (25/10/2023).

Baca Juga: Daftar ke KPU Bareng Prabowo, Gibran Puasa Bicara Hingga Pulang

Di RSPAD, Prabowo yang berjalan di depan Gibran menyapa beberapa personel TNI yang merupakan staf RSPAD yang menjemputnya dan memberi hormat. Dia pun melambaikan tangan ke para wartawan yang mendokumentasikan kedatangannya. Setelah itu Prabowo memberi hormat dan salam lalu menjabat tangan Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Sp.THT-KL., M.A.R.S.

Prabowo dan Gibran selanjutnya dipersilakan memasuki ruangan Medical Check-Up (MCU) untuk mengganti pakaian yang dikenakan dengan pakaian medis yang sudah disiapkan oleh RSPAD. Sekitar 15 menit setelah berganti pakaian medis, mereka menyempatkan diri menyapa para wartawan sebelum kembali masuk ke ruangan MCU untuk menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ditemani istri, Selvi Ananda, saat tiba di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, untuk menjalani pemeriksaan kesehatan, Kamis (26/10/2023). Foto: Mustaqim/Telisik

 

Pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu persyaratan wajib yang dijalani setiap bapaslon presiden-wakil presiden sebelum resmi ditetapkan memenuhi syarat sebagai pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2024.

Rangkaian pemeriksaan kesehatan yang dijalani antara lain CT scan, diagnostik, pemeriksaan pembuluh darah dalam jantung, tes fungsi organ keseluruhan, tes pembuluh darah, MRI, mengukur kapasitas paru-paru, tes treadmill, USG, wawancara untuk mendiagnosa gangguan mengatasi masalah, dan tes narkoba.

“Rangkaian pemeriksaan (kesehatan) tetap sama seperti dua pasangan sebelumnya, antara 8 sampai 10 jam,” jelas Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Sp.THT-KL., M.A.R.S, kepada para wartawan sebelum kedatangan Prabowo-Gibran.

Budi juga mengatakan bahwa hasil pemeriksaan kesehatan bagi Prabowo-Gibran akan dibahas oleh tim dokter pemeriksa dan psikolog yang dilibatkan dalam rapat pleno pada Kamis sore ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari, memastikan Kamis ini (26/10/2023) merupakan hari terakhir pemeriksaan kesehatan bagi bapaslon presiden-wakil presiden Pilpres 2024.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Deklarasi di GBK Sebelum Berangkat Daftar ke KPU

“Ada tiga bakal capres cawapres yang sudah didaftarkan gabungan parpol, dan kemarin juga hari terakhir, maka kemudian hari ini adalah hari terakhir untuk pemeriksaan kesehatan bagi bakal paslon presiden Bapak Prabowo Subianto dan bakal cawapres Mas Gibran,” jelas Hasyim.

Hasil tes kesehatan terhadap tiga bapaslon presiden-wakil presiden, menurut Hasyim, tidak akan langsung diumumkan ke publik. Hasil tes kesehatan seluruh bapaslon baru akan disampaikan oleh tim dokter ke KPU RI pada Jumat (27/10/2023).

“Hasil tes kesehatan dari tiga bakal pasangan calon tersebut akan diumumkan oleh tim pemeriksa RSPAD Gatot Soebroto, akan disampaikan pada KPU secara resmi pada hari Jumat, tanggal 27 Oktober 2023, sekitar pukul 14:00 WIB atau bakda (shalat) Jumatan,” beber Hasyim. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga