adplus-dvertising

Presiden Jokowi Datangi KPK Besok, Ada Apa?

M. Risman Amin Boti, telisik indonesia
Rabu, 08 Desember 2021
609 dilihat
Presiden Jokowi Datangi KPK Besok, Ada Apa?
Presiden Jokowi. Foto: Repro cnnindonesia.com

" Presiden Joko Widodo bakal menghadiri puncak peringatan Hari Antikorupsi Dunia (Hakordia) 2021 di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan "

JAKARTA,TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan mendatangi Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan.

Hal tersebut dilakukan untuk menghadiri puncak peringatan Hari Antikorupsi Dunia (Hakordia) 2021.

"Benar besok (Kamis, 9/12/2021) pukul 09.30 WIB (di KPK)," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono kepada awak media, Rabu (8/12/2021).


Sebelumnya, Pelaksana Tugas Deputi Koordinasi dan Supervisi KPK Yudhiawan Wibisono mengatakan, Presiden Jokowi akan membuka Hakordia.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan dijadwalkan melakukan penutupan agenda itu.

“Untuk tahun ini yang hadir keduanya, Bapak Presiden Hadir Pukul 09.00 WIB, Bapak Wakil Presiden Hadir Pukul 11.30 WIB,” ujar Yudhiawan dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (26/11/2021) lalu.

Yudhiawan mengatakan, peringatan Hari Antikorupsi Sedunia yang digelar tahun ini mengusung tema "Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi".

Melalui tema ini, ujar dia, KPK ingin mendorong seluruh kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menyelenggarakan rangkaian kegiatan Hakordia tahun 2021.

Baca Juga: 12 Orang Mantan Pegawai KPK Tolak Jadi ASN Polri, Novel Baswedan?

“Sebagaimana diketahui oleh publik bahwa Hari Antikorupsi Sedunia ini bukan miliknya KPK, tetapi adalah milik seluruh elemen bangsa yang akan sadar bahkan bahayanya korupsi terhadap kelangsungan negara RI,” tambahnya.

Diketahui, Jokowi beberapa kali menghadiri Hakordia yang digelar KPK. Namun, perhelatan itu dilakukan di luar kantor KPK.

Pada 2019, Jokowi sempat absen dalam peringatan Hari Antikorupsi Dunia. Ia diwakili oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sementara itu, ia hadir secara virtual pada Hakordia tahun 2020.

Baca Juga: HPN 2022, Pemprov dan PWI Sultra Tindak Lanjuti Penetapan Sebagai Tuan Rumah

Hari Antikorupsi Dunia atau International Anti-Corruption Day diperingati setiap 9 Desember. Peringatan tahunan itu ditetapkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa pada 31 Oktober 2003. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga