adplus-dvertising

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pulo Gebang-Kelapa Gading Jakarta

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Senin, 23 Agustus 2021
2208 dilihat
Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pulo Gebang-Kelapa Gading Jakarta
Peresmian jalan tol Pulo Gebang-Kelapa Gading Jakarta. Foto: Tangkapan layar video YouTube Setpres

" Jalan tol ini untuk melengkapi jalan tol metropolitan Jabodetabek dan merupakan bagian dari lingkar dalam Jakarta dan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road "

JAKARTA,TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan enam ruas jalan tol dalam kota Jakarta. Enam ruas jalan tol yang diresmikan yakni segmen Pulo Gebang-Kelapa gading.

Diketahui, jalan tol sepanjang 9,3 kilometer tersebut merupakan bagian dari jalan tol layang Semanan-Pulo Gebang yang dikelola PT JTD dan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi – PT Adhi Karya (KSO) sepanjang 31,2 kilometer dengan nilai investasi sebesar Rp 2,05 triliun.

“Alhamdulillah, jalan tol Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer telah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Jokowi melalui cannel YouTube Setpres, Senin (23/8/2021).


Lebih lanjut, tambah Jokowi, jalan tol ini untuk melengkapi jalan tol metropolitan Jabodetabek dan merupakan bagian dari lingkar dalam Jakarta dan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road.

"Kita harapkan dengan selesainya jalan tol Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer ini, kecepatan distribusi logistik akan semakin baik, daya saing komoditas-komoditas kita juga semakin baik," ujarnya.

Selain itu, jalan tol Pulo Gebang-Kelapa gading dinilai akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan mempermudah mobilitas masyarakat Jakarta, sehingga akan memperkuat dan meningkatkan daya saing.

"Karena jalan tol ini juga terkait dengan kawasan ekonomi khusus Marunda (Cilincing, Jakarta Utara) dan juga terhubung juga dengan pelabuhan Tanjung Priok, sehingga akan meningkatkan daya saing kita dan juga utamanya mobilitas orang di Jakarta akan semakin baik,” ucap Jokowi.

Baca Juga: 214 Koruptur Dapat Remisi, Plt Jubir KPK Ali Fikri: Itu Hak Narapidana

Baca Juga: Ngabalin Viral, Dibuatin Meme King Of Penjilat dan Mural 504 Eror

“Mobilitas barang antara kota dan kota Jakarta dan sekitarnya juga akan semakin baik," sambungnya.

Selanjutnya, Jokowi berharap skema pembiayaan kerjasama pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dapat diperluas untuk mengatasi ketimpangan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Kita harapkan ini bisa dilakukan di jalan-jalan tol yang lain yaitu memadukan anggaran bauran pendanaan baik itu antara kementerian dan BUMN, dan swasta atau model KPBU sehingga mempercepat proyek-proyek jalan tol yang telah kita rencanakan,” ungkap Jokowi.

Pada kegiatan ini, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Komisaris Utama PT Jakarta Tollroad Development (JTD) Trisna Muliadi. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga