Pria Ini Nekat Curi Kotak Amal Masjid karena Tak Punya Biaya ke Makassar

La Ode Muh Martoton, telisik indonesia
Selasa, 24 Januari 2023
0 dilihat
Pria Ini Nekat Curi Kotak Amal Masjid karena Tak Punya Biaya ke Makassar
AB diamankan polisi karena nekat mencuri kotak amal masjid demi biaya berangkat ke Kota Makassar. Foto: Ist.

" AB diamankan polisi setelah mencuri kotak amal Masjid Jami Al-Ihsan yang bertempat di Desa Lalowulo, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe "

KENDARI, TELISIK.ID - Seorang pria berinisial AB (36) asal Kabupaten Bombana, nekat mencuri kotak amal masjid demi biaya berangkat ke Kota Makassar.

AB diamankan polisi setelah mencuri kotak amal Masjid Jami Al-Ihsan yang bertempat di Desa Lalowulo, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Senin (23/01/23) sekira pukul 12.30 Wita.

Aksi AB bermula saat diketahui oleh warga bernama Harhab yang kebetulan sudah lama memantau gerak gerik dari pelaku. Melihat AB mengangkat kotak amal masjid, Harhab langsung meneriaki pelaku dengan kalimat "pencuri, pencuri".

Mendengar teriakan Harhab, masyarakat yang berada di sekitar masjid kemudian menghampiri suara teriakan dan melaporkan pelaku kepada polisi.

Kapolsek Sampara AKP Suhardi mengatakan, pelaku melancarkan aksi pencurian sebelum pelaksanaan salat Zuhur dengan mengamati situasi di sekitar masjid yang sepi dan dia sempat masuk ke dalam masjid.

Baca Juga: Ditangkap Polisi, Pelaku Curi Kotak Amal di 5 Masjid

"Si pelaku ini saat diamanakan menggunakan jaket warna cokelat dan celana olahraga warna merah jambu," kata Suhardi.

Suhardi menambahkan, dalam menjalankan aksinya, pelaku tidak sendiri. Pasalnya saat diamankan, sepeda motor berjenis Honda Scoopy warna putih yang digunakan pelaku, kunci motornya sudah tidak ada di tangan pelaku.

"Berdasarkan informasi dari warga, kemudian kita amankan pelaku," tambahnya.

Baca Juga: Aksi Pencuri Kotak Amal Masjid di Kolut Terekam CCTV

Sementara menurut pengakuan AB kepada polisi, motifnya mencuri kotak amal masjid karena pelaku mempunyai masalah keluarga di rumahnya.

"Mau pergi ke Makassar tidak memiliki biaya," aku AB kepada polisi.

Saat mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa tas ransel warna biru yg berisi tas samping warna cokelat, 3 buah senter, kunci-kunci, sarung tangan warna hitam, perlengkapan mandi, sarung pakaian dan kotak amal masjid warna biru yang diduga akan dibongkar oleh pelaku. (B)

Penulis: La Ode Muh Martoton

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga