Profil Marselino Ferdinan yang Menjadi Pemain Andalan Timnas Indonesia U-23

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 29 April 2024
0 dilihat
Profil Marselino Ferdinan yang Menjadi Pemain Andalan Timnas Indonesia U-23
Nama Marselino Ferdinan melejit seiring namanya yang dipanggil Shin Tae-yong untuk TC Timnas Indonesia U-23. Foto: Ist.

" Salah satu pemain andalan Garuda Muda dalam Piala Asia U-23 adalah Marselino Ferdinan. Marselino Ferdinan merupakan pesepakbola asli Indonesia yang lahir di Jakarta pada 9 September 2004 "

KENDARI, TELISIK.ID - Timnas Indonesia U-23 kini menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Salah satu pemain andalan Garuda Muda dalam Piala Asia U-23 adalah Marselino Ferdinan.

Nama Marselino Ferdinan melejit seiring namanya yang dipanggil Shin Tae-yong untuk TC Timnas Indonesia U-23. Lantas, siapakah sosok Marselino Ferdinan?

Dikutip hops.id dari Berita DIY, Marselino Ferdinan atau yang kerap dipanggil Lino, merupakan pesepakbola asli Indonesia yang lahir di Jakarta pada 9 September 2004.

Dan akhirnya dia masuk ke tim utama Persebaya pada 20 Maret 2021. Marselino Ferdinan bisa ditempatkan di berbagai posisi. Memakai nomor punggung 7 di Persebaya, Marselino biasa bermain di gelandang serang, sayap kanan dan sayap kiri.

Melansir bolatimes.com, Marselino tumbuh di keluarga yang juga berkarier sebagai pesepak bola. Diketahui, Marselino merupakan adik kandung dari winger Persebaya, Oktafianus Fernando. ia sudah tampil sebanyak lima kali di Liga 1 2021-2022 dan menjadi andalan Aji Santoso di beberapa partai.

Jauh sebelum bermain untuk Persebaya di Liga 1, Marselino pun sempat mendapat kesempatan unjuk gigi di ajang pramusim Piala Menpora dimana ia tampil sebanyak dua kali.

Baca Juga: Profil Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari Sutaryadi

Marselino juga tampil apik di kompetisi lokal bernama Kompetisi Kapal Api Persebaya (KKAP) U-15.

Kiprahnya pun berlanjut di Elite Pro Academy (EPA) Persebaya U-16 di mana keran golnya tak terhenti yang membuatnya mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia U-15.

Di skuad arahan Bima Sakti itu, Marcelino turut tampil di Piala AFF U-15 2019 dimana ia mencetak 5 gol dalam 5 laga bersama Timnas Indonesia U-15.

Nama Marselino Ferdinan melejit seiring namanya yang dipanggil Shin Tae-yong untuk TC Timnas Indonesia U-23.

Selain menarik atensi pelatih asal Korea Selatan tersebut, penampilan Marselino juga mampu menarik atensi salah satu media besar Inggris, The Guardian.

Dalam laporannya, The Guardian memasukkan nama Marselino Ferdinan sebagai 60 Wonderkid terbaik di dunia di tahun 2021 bersama pemain muda bernama besar lainnya seperti Gavi (Barcelona), Youssoufa Moukoko (Borussia Dortmund), dan Luka Romero (Lazio).

Masuknya nama Marselino pun meneruskan tradisi pemain muda Indonesia. Sebelumnya, ada nama Egy Maulana Vikri yang juga pernah masuk daftar ini pada 2017 silam.

John Duerden dalam tulisannya di The Guardian menyebut bahwa Marselino memiliki kemampuan apik dalam dalam keseimbangan permainan, kontrol dan teknik.

Untuk harga transfer dikutip dari Transfermarkt, Marselino Ferdinand punya biaya angkut Rp 3,04 miliar dari data 14 Desember 2021.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Siap Membuat Kejutan

Biodata Marselino Ferdinan

Nama panjang: Marselino Ferdinan

Nama panggilan: Lino

Tempat lahir: Jakarta

Tanggal lahir: 9 September 2004

Agama: Kristen

Tinggi badan: 176 cm

Posisi: gelandang serang

Klub saat ini: Persebaya Surabaya

Nomor punggung: Persebaya 7

Bergabung: 20 Maret 2021

Kontrak berakhir: 1 juli 2024

Saudara: Oktafianus Fernando (Persebaya Surabaya)

Instagram: @marselinoferdinan10

Nah, itulah sosok Marselino Ferdinan yang kini banyak diperbincangkan atas kemampuannya dalam memainkan si kulit bundar bersama Timnas Indonesia U-23. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga