Profil Sukarman: Politisi Veteran Comeback Nyaleg DPRD Sulawesi Tenggara di Pemilu 2024

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 06 Agustus 2023
0 dilihat
Profil Sukarman: Politisi Veteran Comeback Nyaleg DPRD Sulawesi Tenggara di Pemilu 2024
Sukarman, merupakan politisi yang sudah nyemplung di dunia politik sejak masa pecah reformasi di tahun 1998. Foto: Facebook Sukarman AK, STP

" Pesta demokrasi bakal dimeriahkan berbagai tokoh yang akan naik ke panggung politik. Di pertarungan caleg DPRD Sulawesi Tenggara, terselip satu nama yang lama menjajaki dunia politik "

KENDARI, TELISIK.ID - Pesta demokrasi bakal dimeriahkan berbagai tokoh yang akan naik ke panggung politik. Di pertarungan caleg DPRD Sulawesi Tenggara, terselip satu nama yang lama menjajaki dunia politik.

Ialah Sukarman, pria kelahiran 26 Januari 1967 itu mungkin bisa disebut sebagai politikus senior. Bagaimana tidak, Sukarman telah nyemplung ke dunia politik sejak puluhan tahun lamanya.

Sejak mahasiswa, ia memang punya ketertarikan untuk bergabung di dunia politik, alumni Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari itu, dulunya merupakan Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) saat tahun kedua masa kuliahnya di tahun 1988.

Turunnya orde baru dan pecahnya reformasi di tahun 1998, memberikan kesempatan demokrasi yang semakin terbuka sehingga muncul partai-partai baru, termasuk Partai Amanat Nasional (PAN).

Baca Juga: Profil Sahabuddin: Perjalanan Puluhan Tahun jadi Karyawan Swalayan hingga Duduk di Kursi DPRD Kendari

Sukarman pun bergabung sebagai kader PAN di tahun pertamanya berdiri. Ia langsung dipercaya sebagai Wakil Sekretaris DPW PAN Sulawesi Tenggara saat itu.

Tak berlangsung lama, di tahun 1999 saat pemilu pertama pasca reformasi diselenggarakan, Sukarman juga ikut maju sebagai caleg DPRD Sulawesi Tenggara dan terpilih untuk duduk di periode 1999-2004.

Sukarman menjadi wakil rakyat tiga periode, yaitu 1999-2004, 2004-2009, dan terakhir menjadi PAW Adriatma Dwi Putra di tahun 2016-2019.

Berbeda dengan calon anggota legislatif lainnya, Sukarman mengaku tak punya visi misi untuk maju sebagai caleg DPRD Sulawesi Tenggara di Pemilu 2024.

Ia menegaskan, sejatinya anggota DPRD tak ada visi misi. Tugas DPRD hanya berpatok pada trifungsi utamanya yang tertera dalam Undang-Undang, yaitu fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan.

Penyampaian visi misi lumrahnya hanya diucapkan oleh calon kepala daerah, yang nantinya apabila mereka terpilih akan direalisasikan melalui Perda dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang akan dibuat bersama DPRD sebagai pembuat peraturan, penganggar dan pengawas.

Baca Juga: Profil Lisnawati, Wajah Baru Bacaleg DPRD Konawe Selatan Pengusaha Salon Kecantikan

Menurutnya, modal besar yang bisa mengantarkan dirinya kembali menjadi anggota dewan adalah rekam jejak, sepak terjang, dan pengalamannya menangani permasalahan di masyarakat.

“Nantinya mereka bisa menilai,” katanya melalui sambungan telepon, Minggu (6/8/2023).

Di Pemilu 2024, Sukarman mencalonkan diri sebagai wakil Dapil I (Kota Kendari). Dirinya sebagai Ketua Komisi Pemenangan Pemilu Wilayah PAN Sulawesi Tenggara juga menarget, tahun depan setidaknya PAN bisa mengantar 8 kursi di DPRD Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, dilansir dari Infopemilu.kpu.go.id, tahapan pencalonan anggota dewan di tingkat kabupaten/kota saat ini dalam masa pencermatan rancangan DCS (daftar calon sementara) yang dijadwalkan hingga 11 Agustus 2023 mendatang. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga