PSU di TPS Kelurahan Wawombalata Tertunda Akibat Keberatan Petugas Partai

Riksan Jaya, telisik indonesia
Kamis, 22 Februari 2024
0 dilihat
PSU di TPS Kelurahan Wawombalata Tertunda Akibat Keberatan Petugas Partai
Heri Iskandar (Songko hitam) mencoba menenangkan petugas dari Partai Gerindra (Kemeja navi) yang keberatan akibat salah satu pemilih tidak bisa menyalurkan hak suaranya. Riksan Jaya/Telisik

" Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 Kelurahan Wawombalata, Kecamatan Mandonga, tertunda "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 Kelurahan Wawombalata, Kecamatan Mandonga, tertunda, Kamis (22/2/2024).

Tertundanya PSU tersebut akibat salah seorang pengurus Partai Gerindra mempersoalkan salah satu pemilih yang sakit tidak bisa didatangi oleh petugas KPPS untuk memberikan hak suaranya.

Sukarni, petugas Partai Gerindra yang melakukan protes menegaskan bahwa ia mewakili pemilih yang sedang sakit untuk membawakan C Pemberitahuan ke petugas KPPS, dan itu dilakukannya sebelum pukul 13:00 Wita.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Diganjar Penghargaan, Kategori Pelaksanaan SPAK dan SPKP Terbaik 2023

“Karena adanya sikap itu merugikan kami, kami sudah protes. Tadi masih ada waktu tapi ada pemilih yang cacat tidak bisa dikinjungi. Sekarang sudah habis waktu padahal C pemberitahuannya sudah saya serahkan ke petugas sebelum jam 1,” jelasnya.

Sementara itu, Iken, Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mandonga, mengatakan bahwa yang bersangkutan menyerahkan surat C Pemberitahuan sudah melewati batas pemberian hak suara yakni pukul 13:00 Wita.

Baca Juga: Hampir Setahun Terbengkalai, Gedung SD Terbakar di Kendari Kini Ditumbuhi Rerumputan

“Dia bawa C pemberitahuaannya sudah lewat jam 1, saya lihat jamku,” ujarnya.

Sementara itu, Kordinator Divisi Hukum dan Sengketa Bawaslu Sulawesi Tenggara, Heri Iskandar yang sempat hadir mengatakan, kejadian tersebut tidak menghalangi jalannya proses pemungutan suara.

“Iya, tapi semua itu ada aturannya. Dan ini kan ada prosesnya. Kejadian tadi tidak menghalangi proses yang terjadi,” imbuhnya saat mencoba menenangkan petugas partai yang keberatan. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga