Puan Maharani Soroti Melonjaknya Kasus COVID-19

Marwan Azis, telisik indonesia
Kamis, 10 September 2020
0 dilihat
Puan Maharani Soroti Melonjaknya Kasus COVID-19
Ketua DPR RI, Puan Maharani. Foto: Repro google

" Pemerintah pusat dan daerah mutlak harus berkoordinasi. Jika diputuskan menerapkan PSBB, maka harus konsisten dalam pelaksanaan dan pengawasannya. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua DPR RI, Puan Maharani prihatin dan turut menyoroti melonjaknya kasus COVID-19 di sejumlah daerah di Indonesia.

Puan meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah meningkatkan koordinasi dan konsisten jika menerapkan kembali kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Pemerintah pusat dan daerah mutlak harus berkoordinasi. Jika diputuskan menerapkan PSBB, maka harus konsisten dalam pelaksanaan dan pengawasannya,” kata Puan di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Ia menegaskan, pemerintah pusat dan daerah harus menghargai pengorbanan masyarakat yang membatasi aktivitas harian dan aktivitas perekonomiannya selama masa PSBB.

Puan menuturkan, masyarakat menaruh harapan besar pada pemerintah untuk dapat mengendalikan dan menangani pandemi ini, termasuk optimalisasi penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat yang kehilangan pekerjaan.

“Jangan sia-siakan pengorbanan masyarakat yang berdiam diri di rumah. Aturan-aturan PSBB jangan hanya di atas kertas, tapi harus dilaksanakan, konsisten, dan tegas dalam pengawasannya,” tutur politisi PDIP ini.

Puan menyoroti data peningkatan kasus COVID-19, terdapat ribuan anak-anak berusia di bawah 19 tahun yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Puan mengingatkan, pemerintah untuk ingat waktu injak rem dan mengutamakan kesehatan serta keselamatan masyarakat dalam upaya menangani pandemi COVID-19.

Baca juga: Tak Perlihatkan Bukti Terdampak Pandemi, Kumparan Tetap PHK Karyawan

Puan mendorong pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan sosialisasi dan pelaksanaan protokol kesehatan hingga ke tingkat keluarga.

Selain disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, kata Puan, pemerintah juga harus mampu menggerakkan masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga.

Puan juga mengapresiasi peran perempuan atau para ibu yang di tengah pandemi COVID-19 tetap berjuang menyediakan dan memastikan makanan sehat di rumah dan mendisiplinkan pola hidup sehat.

“Para perempuan, para ibu menjadi garda terdepan menuju bangsa yang lebih sehat,” ujarnya.

Puan juga meminta pemerintah meningkatkan pelaksanaan program testing, tracing dan treatment (3T), dalam menanggulangi penyebaran COVID-19.

Pasalnya, cakupan orang yang menjalani tes dengan metode polymerase chain reaction (PCR) selama ini masih jauh dari target yang diharapkan.

Cucu Bung Karno ini menyarankan, pemerintah menggandeng berbagai elemen masyarakat untuk bisa meningkatkan capaian tersebut dan mengawasi ketat penetapan tarif tes PCR agar terjangkau oleh masyarakat.

“Pemerintah harus melindungi masyarakat miskin dan terpinggirkan agar mendapat pelayanan kesehatan yang setara, khususnya tes PCR demi menanggulangi penyebaran COVID-19, hingga vaksin ditemukan dan didistribusikan,” pungkasnya.

Reporter: Marwan Azis

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga