adplus-dvertising

Pulau Indo, Destinasi Wisata Mubar yang Mirip Bali

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 03 April 2022
912 dilihat
Pulau Indo, Destinasi Wisata Mubar yang Mirip Bali
Pemandangan Pulau Indo, Kecamatan Tiworo Utara, Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Pulau Indo merupakan surga bagi para wisatawan akan dimanjakan oleh pemandangan pantai yang sangat apik "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pulau Indo merupakan surga bagi para wisatawan yang akan berlibur di Muna Barat (Mubar), pulau ini terletak di Kecamatan Tiworo Utara.

Saat wisatawan berada di pulau ini, mereka akan dimanjakan oleh pemandangan pantai yang sangat apik.

Tak kalah kerennya dengan pemandangan di tempat wisata lainnya, pulau Indo juga menyajikan pemandangan yang dapat memanjakan mata, bagaikan berada di pulau Bali, dengan menampakan hamparan pasir putih sepanjang pesisir pantai.


Namun untuk menikmati pemandangan di pulau tersebut, pengunjung harus menempuh waktu sekitar 30 menit bahkan mencapai 60 menit untuk menyeberang ke pulau ini, menggunakan jonson atau sampan yang bergerak menggunakan mesin.

"Sekitar setengah jam menyeberang dari dermaga pasir Tondasi ke pulau Indo," ucap salah seorang pemilik jonson, Mahrun, Minggu (3/4/2022).

Deretan pohon kelapa menambah keindahan pulau Indo di Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

 

Tetapi, saat menyeberang ke pulau Indo, pengunjung akan tetap disuguhi oleh pemandangan hutan bakau selama kurang lebih 15 menit, di mana hutan bakau tersebut terhampar di samping kiri kanan, setelah 15 menit disuguhi pemandangan hutan bakau, kemudian pengunjung akan melewati pelabuhan fery Tondasi dan juga akan melewati pulau Balu yang nampak di seberang kiri.

Baca Juga: Keindahan Maobu, Kolam di dalam Gua dengan Air Berwarna Biru

Setelah beberapa menit menyeberang, sampailah ke pulau Indo, di pulau ini pengunjung pertama kali disuguhi oleh pasir putih sepanjang pesisir pantai, serta puluhan pohon kelapa dan pinus, juga terhampar di pulau ini.

Pulau Indo ini hanya dikhususkan untuk tempat wisata di Muna Barat sehingga banyak beberapa fasilitas yang dibangun di pulau ini, misalnya gazebo, penginapan yang dikhususkan oleh pengunjung yang ingin menginap, kemudian ada jembatan yang terbentang dengan jarak yang cukup panjang dan luas. Para wisatawan akan banyak memadati pulau ketika liburan atau perayaan hari besar.

Pengunjung yang datang ke Pulau Indo melakukan berbagai macam kegiatan, seperti ada berselfi ria bersama keluarga atau teman dekat, ada juga terlihat beberapa pengunjung yang berenang di tepi pantai, atau bahkan beberapa pengunjung hanya duduk di jembatan bersama sanak saudara untuk menikmati pemandangan pulau ini.

"Biasanya kalau lebaran itu banyak yang mandi-mandi sekitaran tepi pantai, terus ramai sekali pengunjung yang datang di sini," ucap Aisyah, salah satu pengunjung.

Baca Juga: Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Tercantik Alami Nomor 1 di Dunia

Pulau ini terlihat sangat asri dan bersih lingkungannya, dikarenakan ada karyawan untuk membersihkan pulau Indo ini. Walaupun kebersihannya terjaga, saat ini ada beberapa fasilitas, yang mengalami kerusakan, misalnya ada beberapa gazebo yang lantainya bolong, ada jembatannya jebol, tangga di tower telah rapuh, serta bangunan lainnya banyak mengalami kerusakan.

"Banyak yang sudah rusak fasilitasnya ini, tidak sama seperti dulu," ucap salah satu pengunjung, Saiful.

Sehingga ini membuat pemandangan pulau Indo yang indah, menjadi sedikit terganggu, dan seharusnya ini menjadi perhatian bagi pemerintah daerah untuk tetap memperhatikan fasilitas di tempat wisata  agar pengunjung tidak merasa kecewa saat berkunjung. (A)

Reporter: Putri Wulandari

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga