Puluhan Guru Kota Kendari Ikut Pengukuhan PPG di IAIN Gorontalo

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 06 Januari 2024
0 dilihat
Puluhan Guru Kota Kendari Ikut Pengukuhan PPG di IAIN Gorontalo
Puluhan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Kota Kendari ikut pengukuhan guru profesional pendidikan Profesi Guru (PPG) di IAIN Sultan Amai Gorontalo. Foto: Ist.

" Di tengah perkembangan pendidikan modern, penting bagi guru untuk terus mengembangkan diri melalui Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). PPG jadi langkah strategis dalam memastikan kualitas pengajaran yang mendalam dan relevan "

GORONTALO, TELISIK.ID - Di tengah perkembangan pendidikan modern, penting bagi guru untuk terus mengembangkan diri melalui Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). PPG jadi langkah strategis dalam memastikan kualitas pengajaran yang mendalam dan relevan.

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan moral siswa, mengajarkan nilai-nilai agama, serta mengembangkan pemahaman mendalam terhadap ajaran Islam. Sehingga, PPG jadi landasan penting dalam menyiapkan para pendidik dalam menghadapi perkembangan dinia pendidikan.

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan  (FITK) Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Institiut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo jadi salah satu kampus yang menyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan  Tahun 2023.

Baca Juga: KPU Baubau Target Sortir dan Lipat Ratusan Ribu Surat Suara dalam 10 Hari

Tujuan Program PPG adalah untuk menghasilkan calon guru profesional yang memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, menilai pembelajaran, menindaklanjuti hasil penilaian, melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik serta melakukan penelitian tindakan  kelas dan mampu mengembangkan profesionalisme secara berkelanjutan.

IAIN Sultan Amai Gorontalo melaksanakan Pengukuhan PPG Dalam Jabatan bagi Guru PAI dan Madrasah di Grand Palace Convention Center Gorontalo yang diikuti sebanyak  205 orang peserta dari berbagai provinsi di Indonesia.

Pengukuhan ini dihadiri oleh Rektor IAIN Gorontalo beserta jajarannya, Kanwil Kementerian Agama Gorontalo dan Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam.

Wakil Dekan Bidang Akademik FITK IAIN Sultam Amai Gorontalo, Herson Anwar mengatakan, banyak manfaat yang diperoleh Kegiatan PPG ini, seperti terjadi peningkatan dari pola pikir, menejemen pembelajaran, sistem pembelajaran dan terjadi perubahan mainset dari peserta.  

“Insyaallah kedepannya semakin professional dalam menyalurkan ilmunya kepada peserta didik,” ujar Herson saat dihubungi Telisik.id melalui telefon.

Dia juga menjelaskan, pengukuhan ini diikuti sebanyak 205 orang guru dari 15 Provinsi dan 113 orang mengikuti secara langsung sisanya online.

Sementara itu, Ketua Koordinator Kota Kendari, Hendri Kurniawan mengatakan, program PPG diselenggarakan secara online oleh IAIN Sultan Amai Gorontalo dan dilaksnakan kurang lebih 4 bulan.

Baca Juga: KPU Muna Mulai Sortir dan Lipat 795.990 Surat Suara

Peserta dari Kota Kendari dibiayai langsung oleh pemda kota Kendari dengan anggaran 1 orang Rp 5 juta dengan jumlah peserta 64 orang dan total anggaran sebanyak Rp 320 juta.

“Pemkot Kendari betul-betul memperhatikan guru-guru PAI dengan membiayai perkuliahan PPG ini. Kami mendapat banyak manfaat dengan adanya program PPG ini termaksud ilmu yang mendukung profesi kami sebagai guru PAI, kami bisa mendapat gelar guru professional,” jelasnya.

Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam bukan hanya investasi dalam karier guru, tetapi juga investasi dalam masa depan keberagamaan dan moralitas masyarakat. Melalui upaya ini, diharapkan para guru dapat memberikan kontribusi maksimal dalam membentuk karakter anak-anak Indonesia sesuai dengan nilai-nilai luhur Islam. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga