Puluhan Pelajar di Kolaka Utara Terima Beasiswa S1 dari PT Riota Jaya Lestari

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 19 Oktober 2023
0 dilihat
Puluhan Pelajar di Kolaka Utara Terima Beasiswa S1 dari PT Riota Jaya Lestari
Penyerahan secara simbolis beasiswa berprestasi untuk 30 mahasiswa dari perwakilan perusahaan PT Riota ke Kepala Desa Totallang. Foto: Muh Risal H/Telisik

" 30 pelajar berprestasi di Kabupaten Kolaka Utara menerima beasiswa program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dari PT Riota Jaya Lestari (RJL) "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sebanyak 30 pelajar berprestasi di Kabupaten Kolaka Utara menerima beasiswa program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dari PT Riota Jaya Lestari (RJL).

Penyerahan secara simbolis beasiswa itu digelar di salah satu rumah makan di Lasusua yang dihadiri puluhan orang tua siswa, Kepala Desa Totallang, Puncak Monapa, Woitombo, Camat Lasusua, Lambai, dan pelaksana program PPM perusahaan terkait.

Program beasiswa bagi pelajar berprestasi merupakan bentuk komitmen perusahaan menjalankan tanggung jawab sosialnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat program PPM yang bernaung di bawah kebijakan Kementerian ESDM.

Setiap mahasiswa yang menikmati program tersebut bakal menerima uang sementara sebesar Rp 3,5 juta hingga selesai atau meraih gelar sarjana (strata satu/S1). Total dana yang dikeluarkan pihak perusahaan tiap semester untuk 30 mahasiswa mencapai Rp 105 juta.

Humas PT Riota Jaya Lestari, Awaluddin mengungkapkan, pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam membangun masa depan yang lebih baik. Karena itu, manajemen perusahaan menyediakan beasiswa itu sebagai wujud nyata dari komitmen perusahaan meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi pelajar berprestasi di Kolaka Utara.

"Salah satu pilar pembangunan bangsa adalah membangun sumber daya manusia. Sebab itu, pihak manajemen berkomitmen menyekolahkan 30 pelajar berprestasi hingga selesai program studi S1," terangnya, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Siapkan Rp 800 Juta Beasiswa S1 dan S2

Untuk itu, Awaluddin berharap para mahasiswa penerima bantuan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, meningkatkan prestasi, dan selesai tepat waktu. Jangan sampai prestasi menurun hingga kuliah sampai tujuh tahun.

"Kami minta jangan seperti itu, karena masih banyak pelajar-pelajar lainnya yang ingin kita bantu. Kalau itu terjadi, maka manajemen perusahaan akan mempertimbangkan untuk pemutusan beasiswa," ujarnya.

Tahun depan, perusahaan ini kembali menyediakan program beasiswa untuk 60 pelajar. Harapannya, mereka yang telah serjana kelak kembali ke daerah mengabdikan diri di perusahaan Riota atau mengabdi untuk masyarakat Kabupaten Kolaka Utara.

"Semoga impian pihak menejemen PT Riota Jaya Lestari yang ingin mensarjanakan ratusan putra/putri Kolaka Utara ke depannya dapat terwujud," imbuhnya.

Selain program beasiswa, PT Riota Jaya Lestari melalui program PPM juga bakal membangun sarana ibadah di tujuh desa lingkar tambang, memberdayakan pemuda dengan aktivitas olahraga, dan membangun sekolah sepak bola yang dipusatkan di Desa Totallang, Kecamatan Lasusua.

Melalui sekolah bola ini, manajemen PT Riota Jaya Lestari menginginkan ke depan akan bermunculan talenta-talenta muda berbakat dalam dunia sepak bola yang dapat mengharumkan nama daerah hingga ke kancah nasional.

"Keterbatasan anggaran tahun ini, pembangunan sarana ibadah (masjid) kita fokuskan di Desa Woitombo dengan anggaran sekitar Rp 1,2 miliar. Setelah itu, kita geser lagi ke desa-desa lain yang terletak di lingkaran tambang," tukasnya.

Sementara itu, Petugas PPM PT Riota Jaya Lestari, Dina Vionetta berharap melalui program beasiswa ini, sumber daya manusia di desa-desa lingkar tambang semakin baik sehingga ke depan dapat berpartisipasi membangun daerah berdasarkan kompetensi masing-masing.

"Kami di PT Riota Jaya Lestari senantiasa berdiri bersama masyarakat untuk mengawal kemajuan daerah, dimulai dari peningkatan sumber daya manusia,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, bersama pemerintah daerah, perusahaan mereka berusaha memberikan kesempatan yang sama kepada semua warga Kolaka Utara untuk mengakses pendidikan tinggi.

"Ini komitmen kami bersama untuk membangun sumber daya manusia di desa-desa melalui pendidikan," katanya.

Diketahui, PT Riota Jaya Lestari (Riota) berdiri pada tahun 2021. Perusahaan besutan H. Amirullah Nur Zainun ini bergerak di bidang usaha pertambangan bijih nikel di lahan tambang seluas 3.389,9 hektare yang terletak di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Tanoto Foundation Buka Pendaftaran Beasiswa S1 di Sembilan Kampus ini, Cek Syaratnya

Riota telah mengoptimalkan produksi bijih nikel terbaik dari hasil tanah Kolaka untuk mendukung kemajuan industri nasional secara luas. Utamanya untuk produksi stainless steel dan katode baterai mobil listrik.

Kegiatan operasional perusahaan ini dilakukan sesuai standar ketentuan tata ruang wilayah pertambangan yang berlaku di Indonesia. Riota telah melewati uji kelayakan dan memiliki izin usaha pertambangan dan produksi.

Kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan berlaku, menjadi salah satu pilar usaha Riota untuk menjamin kualitas hasil produksi.

Sejak didirikan pertama kali hingga sekarang, Riota dimiliki sepenuhnya (100 persen) oleh pemegang saham lokal. Riota sangat memahami kebutuhan pasar nasional dan dengan dukungan aset produksi dan distribusi terintegrasi,  terus memperkuat pelayanan untuk mendukung mitra bisnis. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga