Pungli Parkir di Indomaret Kendari Marak Meski Kerap Dirazia

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Senin, 05 Juni 2023
0 dilihat
Pungli Parkir di Indomaret Kendari Marak Meski Kerap Dirazia
Oknum pelaku pungli parkiran di Indomaret yang melakukan aksinya di malam hari. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Salah satu minimarket yang begitu menjamur hampir di setiap sudut Kota Kendari, Indomaret memberikan para pengunjungnya fasilitas lahan parkir yang nyaman dan luas, namun oleh beberapa oknum, lahan parker tersebut dijadikan sebagai tempat untuk melakukan pungutan liar (pungli) "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu minimarket yang begitu menjamur hampir di setiap sudut Kota Kendari, Indomaret memberikan para pengunjungnya fasilitas lahan parkir yang nyaman dan luas, namun oleh beberapa oknum, lahan parker tersebut dijadikan sebagai tempat untuk melakukan pungutan liar (pungli).

Dilansir dari Detikfinance.com, Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama, Bastari Akmal mengatakan, Indomaret tidak pernah memungut biaya parkir dan tidak pernah mempekerjakan petugas parkir.

"Pengaturan kawasan dan juru parkir adalah sepenuhnya kewenangan masing-masing pemerintah kabupaten/kota melalui Dinas Perhubungan (Dishub)," ujarnya, dikutip pada (5/6/2023).

Meski telah tertera dengan jelas melalui baliho yang terpampang di depan outlet minimarket, faktanya praktik pungli juru parkir liar masih kerap terjadi. Berdasarkan pantauan Telisik.id, para oknum yang melakukan pungli ketika sore hingga malam hari.

Baca Juga: PT Kurnia Enggan Komentari Dugaan Pungli Lahan Parkir Pasar Basah Mandonga

Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, sebab salah satu pegawai Indomaret, Pierre Tendean mengaku, pihak kepolisian kerap kali melakukan patroli di area minimarket, namun ketika patrol selesai atau memasuki jam pulang kantor, yaitu di sekitar pukul 17.00 Wita hingga tengah malam, barulah para oknum tersebut melakukan aksinya.

"Kalau sudah didatangi polisi mereka pergi, tapi tidak selang berapa lama datang lagi, baru mereka sering memaksa konsumen," ungkap Hermawan, Senin (5/6/2023).

Hal yang sama juga terjadi di cabang Indomaret Kemaraya, Kota Kendari, salah satu karyawan Indomaret, Oktarina mengaku, penertiban juru parkir oleh pihak kepolisian kerap kali dilakukan, namun pelaku tidak jera sama sekali.

"Sebenarnya sudah sering ditegur sama polisi, tapi kalau sudah satu-dua Minggu, mereka datang lagi," tuturnya.

Namun dari sisi pengunjung sendiri, keberadaan oknum juru parkir liar ini menimbulkan pro dan kontra, sebagian mengaku terbantu dengan adanya para oknum itu, namun sebagian lagi tidak.

Salah satu pelanggan yang setuju yakni Naila, mengaku keberadaan oknum juru parkir membuat dirinya merasa aman dengan aksesoris kendaraan yang ia gunakan, dan juga membuat lahan parkir tampak lebih rapi.

Baca Juga: PT Kurnia Diduga Pungli Lahan Parkir Pasar Basah Mandonga Meski Kontrak Berakhir

“Tidak apa-apa, saya merasa oke, karena ada yang jaga helm saya, parkiran juga telihat lebih rapi,” ungkap wanita berhijab abu-abu tersebut.

Sementara itu, ada juga masyarakat setempat yang resah karena para oknum juru parkir tersebut, kadang melakukan pemaksaan para pengunjung minimarket.

"Kadang kita risih karena datang cuma mau beli minum, tiba-tiba ditagih parkir, atau cuma mau menarik uang, kena biaya parkir lagi, kadang mereka memaksa," ucap Lisna salah satu konsumen Indomaret Pierre Tendean. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga