Putus Jaringan Lapas, BNNP Bekuk 3 Pengedar Narkoba

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 15 Juni 2021
0 dilihat
Putus Jaringan Lapas, BNNP Bekuk 3 Pengedar Narkoba
Rilis BNNP Sultra pengungkapan tindak pidana narkotika. Foto: Ist.

" Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra mengamankan tiga orang pelaku pengedar narkotika jenis sabu-sabu di Kota Kendari. "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra mengamankan tiga orang pelaku pengedar narkotika jenis sabu-sabu di Kota Kendari. Ketiga pelaku berinisial Z (19), AD (18) dan RB (35).

Dari tangan ketiganya, BNNP Sultra berhasil menyita sejumlah barang bukti. Jumlah barang bukti narkotika jenis sabu yang disita seberat 55,77 gram.

Ketiga pelaku tersebut ditangkap di tempat berbeda.

Pelaku Z ditangkap di Pasar Lapulu atau di Jalan Setia Budi, Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, pelaku AD ditangkap di Jalan Chairil Anwar, Lorong Durian, Kelurahan Wua-wua, Kecamatan Wua-wua, dan RB ditangkap di Rutan Lapas Kelas IIA Kendari sebagai otak pengendali transaksi.

Baca juga: Bersama Lima Cewek di Room THM, Sekda Nias Utara Ditangkap Polisi

Baca juga: Oknum Guru SD di Baubau Kedapatan Simpan Paket Narkoba

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Sabaruddin Ginting mengungkapkan, penangkapan bermula dari informasi masyarakat sekitar kepada petugas BNNP bahwa ada peredaran narkotika jenis sabu-sabu di sekitar Pasar Lapulu, Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli, dan di tempat yang berbeda di Jalan Chairil Anwar, Kelurahan Wua-wua, Kecamatan Wua-wua, Kota Kendari.

"Kedua pelaku Z dan AD kami tangkap di hari yang berbeda. Pelaku Z kami amankan dengan barang bukti 1 bungkus diduga jenis sabu dengan berat 47,19 gram dan dari pelaku AD kami mengamankan barang bukti 12 sachet narkotika jenis sabu dengan berat 8,58 gram,” ungkap Sabaruddin Ginting, Senin (14/6/2021).

Sabaruuddin menambahkan, dari pengakuan kedua pelaku tersebut ia mendapatkan narkotika itu dari seorang narapidana di Lapas Kelas IIA Kendari. Ia dikendalikan melalui alat komunikasi handphone dari dalam Lapas.

"Setelah  mengetahui itu petugas kami melakukan pengembangan di Lapas Kelas IIA Kendari dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak Lapas Kelas IIA Kendari. Kemudian tak berselang lama petugas Lapas berhasil menemukan napi tersebut dan mengamankan sebuah handphone miliknya,” terangnya.

Terhadap ketiga pelaku tersebut akan dikenakan pasal 114 ayat (2) subs Pasal 112 ayat (2) Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 132 ayat (1) junto pasal 114 ayat (2) subs pasal 112 ayat (2) junto pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-undang Nomor 34 tahun 2009 tentang Narkotika dengan hukuman pidana paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun atau seumur hidup. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga