Rancang Pusat Pelatihan, Pemkab Buton Optimis Cabor Dayung Bisa Maju

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 24 Agustus 2022
0 dilihat
Rancang Pusat Pelatihan, Pemkab Buton Optimis Cabor Dayung Bisa Maju
Bupati Buton, La Bakry (kiri) saat menghadiri pembukaan pertandingan perahu. Foto: Ist.

" Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Buton telah merancang agar Kabupaten Buton memiliki pusat pelatihan cabang olahraga dayung "

BUTON, TELISIK.ID – Salah satu cabang olahraga (cabor) yang menjadi unggulan di Sulawesi Tenggara adalah olahraga dayung. Terbukti, beberapa atlet dayung yang telah mengharumkan nama Indonesia berasal dari Sultra.

Pada pelaksanaan SEA Games XXXI Vietnam 2022, sembilan orang atlet dayung terbaik Indonesia berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Mereka ikut memperkuat skuad Merah Putih di ajang internasional tersebut. Tidak tanggung-tanggung, beberapa di antaranya bahkan berhasil meraih medali.

Olehnya itu Provinsi Sultra juga dikenal dengan daerah yang banyak melahirkan sejumlah atlet di berbagai cabang olahraga, salah satunya olahraga dayung.

Untuk itulah Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Buton telah merancang agar Kabupaten Buton memiliki pusat pelatihan cabang olahraga dayung. Dengan begitu, para atlet dapat terfasilitasi dengan baik untuk terus meraih prestasi di masa mendatang.

Salah satu pertandingan perahu yang diadakan di Buton. Foto: Ist.

 

Bupati Buton, La Bakry mengaku turut bangga atas prestasi yang telah ditorehkan para atlet dayung, baik di kancah nasional maupun internasional. Bahkan juga ada beberapa yang mewakili daerah lain, namun sejatinya mereka berasal dari Sultra.

Baca Juga: Video Bupati Manggarai Goyang Lepas Kancing PDU Tersebar Luas, Begini Komentar WargaNet

Untuk itulah, Pemkab Buton di bawah kepemimpinan Bupati Buton, La Bakry dan Wakil Bupati Buton Iis Eliyanti telah merancang pusat pelatihan cabor dayung di Buton.

“Jadi sebenarnya kita sudah menjajaki dan membangun komunikasi dengan kementerian bahwa kita di Buton ingin membuat pusat pelatihan dayung atau dayung centre,” kata La Bakry, belum lama ini.

Salah satu pertandingan perahu yang diadakan di Buton. Foto: Ist.

 

Hanya saja, kata dia, meski pembuatan pusat pelatihan cabang olahraga dayung nasional di Buton ini masih dalam perencanaan, namun pihaknya telah menjalin komunikasi dengan perusahaan di Jakarta untuk mendesain dayung center tersebut.

“Rencananya kalau jadi, dayung center ini akan dibangun di Teluk Kapontori Kabupaten Buton. Kita memilih lokasi ini karena memang teluknya cukup tenang,” ujarnya.

Hal ini dilakukan untuk memberikan dukungan penuh kepada para atlet, khususnya cabang olahraga dayung. Apalagi perkembangan olahraga dayung mengalami peningkatan yang cukup baik. Bahkan beberapa tahun tekahir, banyak atlet dayung lokal yang berhasil meraih berbagai prestasi.

Salah satu pertandingan perahu yang diadakan di Buton. Foto: Ist.

 

Olehnya itu, La Bakry berharap, perencanaan pembuatan Dayung Center ini dapat ditindaklanjuti oleh pemerintahan mendatang, mengingat peluang untuk membesarkan cabang olahraga dayung di Buton sangat besar.

Baca Juga: Lantik Esalon II, Pj Bupati Muna Barat: Saya Laksanakan Perintah UU

“Jadi kerangka desain sudah ada, makanya kita berharap ini dapat berlanjut. Buton bisa membangun komunikasi lanjut untuk menjadikan pusat pelatihan dayung nasional di Buton,” katanya.

Lebih lanjut, menurut dia, setiap daerah memang harus bisa membuat pusat pelatihan olahraga sehingga proses pembinaan bisa dilakukan secara berkelanjutan.

“Memang betul berkembang belum signifikan dan maskimal, tapi kita terus berupaya untuk meningkatkan prestasi atlet atau calon atlet kita. Dan ini mesti ada partisipasi berbagai pihak baik masyarakat maupun stakeholder terkait,” pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga