Ratusan Balon Kades di Muna Bakal Ikut Seleksi Tertulis

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 25 September 2022
0 dilihat
Ratusan Balon Kades di Muna Bakal Ikut Seleksi Tertulis
Balon Kades menyerahkan berkas pada PPKD. Foto : Ist.

" Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) Kabupaten Muna telah mengidentifikasi jumlah bakal calon (Balon) kepala desa (Kades) yang mendaftar "

MUNA, TELISIK.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) Kabupaten Muna telah mengidentifikasi jumlah bakal calon (Balon) kepala desa (Kades) yang mendaftar.

Dari 124 desa, ada sekitar kurang lebih 37 desa yang Balonnya lebih dari 5 orang. Nah, karena melebih jumlah, sebelum ditetapkan sebagai calon, para Balon itu harus mengikuti seleksi tertulis.

"Kurang lebih 200 Balon yang akan mengikuti seleksi tertulis," kata Kadis PMD Muna, Rustam, Minggu (25/9/2022).

Untuk seleksi tertulis, Desk Pilkades kabupaten telah bekerja sama dengan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari untuk pembuatan naskah.

Baca Juga: Keran Moratorium Bakal Terbuka, Hugua: Kepton Layak Jadi DOB

Baca Juga: Panwaslucam di Manggarai Minim Pelamar Perempuan

"Naskahnya dibuat oleh tim dari UHO dan diserahkan saat pelaksanaan seleksi," ungkapnya.

Di sisi lain, saat ini Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) sementara merampungkan hasil verifikasi berkas perbaikan para Balon.

"Rencanannya besok, Senin, 26 September kita umumkan dan menunggu tanggapan masyarakat," kata Ketua PPKD Mabodho, La Ode Naziru.

Karena, di desanya hanya 4 Balon yang mendaftar, maka tidak akan ada yang mengikuti seleksi tertulis. PPKD tinggal menunggu saja jadwal tahapan penetapan calon dan penentuan nomor urut. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga