Ratusan Masyarakat Ikuti Pelepasan Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Kolaka Timur

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 12 Juni 2023
0 dilihat
Ratusan Masyarakat Ikuti Pelepasan Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Kolaka Timur
Ratusan masyarakat Kolaka Timur turut serta dalam pelepasan calon jemaah haji. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Ratusan masyarakat Kolaka Timur yang berasal dari berbagai kecamatan, tumpah ruah di halaman rujab bupati pada Senin (12/6/2023) "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Ratusan masyarakat Kolaka Timur yang berasal dari berbagai kecamatan, tumpah ruah di halaman rujab bupati pada Senin (12/6/2023).

Kehadiran masyarakat itu, untuk ikut menyaksikan dan mengantar 179 calon jemaah haji Kolaka Timur tahun 2023, yang akan diberangkatkan ke Bandara Haluoleo Kendari, selanjutnya diterbangkan menuju Embarkasi Haji Sudiang Makassar siang hari.

Sekda Kolaka Timur, Andi Muh Iqbal Tongasa, melepas calon jemaah haji dan didampingi Kepala Kemenag Kolaka Timur, Muhammad Kadir Azis Al Yafi, Ketua BKPRMI Kolaka Timur, Baharuddin, jajaran Polres, unsur TNI dan tokoh masyarakat.

Baca Juga: 84 Persen Calon Jemaah Haji Buton Selatan Lansia, Pj Bupati Beri Pesan Ini

“Mari untuk selalu jaga kesehatan, jaga nama baik Kolaka Timur, laksanakan semua rukun dan sunnah dengan baik, sehingga bisa menjadi haji mabrur. Mari kita semua, nanti untuk mendoakan daerah dan pemerintahan ini agar Kolaka Timur ini terus berkembang, bisa lebih maju, sejahtera lebih baik dari daerah lain,” ucap Sekda Kolaka Timur saat melepas rombongan yang terdiri dari enam bus itu.

Pelepasan 179 Kolaka Timur di pelataran rujab bupati. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Ia menghimbau para pengantar, agar tidak melakukan konvoi yang bisa mengganggu perjalanan enam bus tersebut, agar perjalanan menjadi lancar dan bisa sampai ke bandara tepat waktu.

Untuk diketahui, dari total enam bus itu, memuat 179 calon jemaah haji yang terbagi dua kloter, yakni kloter 30 dan 31. Sedang 49 calon jemaah haji tambahan, baru akan diberangkatkan pada 19 Juni mendatang.

Untuk diketahui, jumlah calon jemaah haji Kolaka Timur tahun ini, adalah 228, merupakan jemaah terbesar sejak Kolaka Timur terbentuk dan masuk terbesar ketiga di Sulawesi Tenggara setelah Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka.  

Sedangkan Kepala Kemenag Kolaka Timur, Muhammad Kadir Azis Al Yafie mengatakan,  ke-179 jemaah, akan diterbangkan menggunakan 2 atau kloter.  Pertama kloter menggunakan kloter 30 untuk 121 orang, akan berangkat dari Kolaka Timur Senin ini, lalu diterima di Embarkasi Makassar pada Selasa besok. Kemudian diberangkatkan ke Jeddah Arab Saudi, pada Rabu (14/6/2022) lusa.

Baca Juga: 83 Calon Jemaah Haji Wakatobi Diminta Jaga Kesucian Kota Madinah

“Selanjutnya, kloter kedua, yakni Kloter 31 untuk 58 jemaah kita, yang merupakan gabungan jemaah dari Sulawesi Selatan, akan berangkat 13 Juni, lalu diterima di Embarkasi Makassar pada 14 Juni. Kemudian diberangkatkan ke Jeddah Arab Saudi, pada 15 Juni,” bebernya.

Kloter terakhir, untuk 49 jemaah yang merupakan kuota tambahan, akan bergabung di kloter 42 bersama jemaah tambahan lain se-Sulawesi Tenggara.  

"Mereka akan berangkat dari Kolaka Timur 19 Juni, lalu diterima di Embarkasi Makassar pada 20 Juni. Kemudian diberangkatkan ke Jeddah Arab Saudi, pada 21 Juni," pungkasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga