Ratusan Polisi Dipecat Sepanjang Tahun Ini

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Minggu, 25 Oktober 2020
0 dilihat
Ratusan Polisi Dipecat Sepanjang Tahun Ini
Ilustrasi Anggota Polri Saat Apel. Foto: Repro Google

" Tindakan tegas Polisi yang terlibat berbagai pelanggaran berat khususnya narkoba dipecat. Sepanjang Januari-Oktober ada 113 orang. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Terciduknya seorang Polisi berpangkat perwira, Kompol IZ yang diduga terlibat kasus peredaran narkoba bakal menambah daftar anggota Korps Bhayangkara yang dipecat karena barang haram itu.

Polri mencatat, sepanjang Januari hingga Oktober 2020, sebanyak 113 Polisi dipecat secara tidak hormat, lantaran terbukti melakukan pelanggaran berat. Terlebih, kebanyakan dari mereka terjerat kasus narkoba.

“Tindakan tegas Polisi yang terlibat berbagai pelanggaran berat khususnya narkoba dipecat. Sepanjang Januari-Oktober ada 113 orang," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/10/2020).

Argo menjelaskan, status hukum para Polisi yang terlibat dalam kasus narkoba sudah ada yang berkekuatan hukum tetap atau inkrah dan sebagian lagi masih berproses di persidangan.

Merespons banyaknya Polisi yang dipecat karena narkoba, Argo memastikan setiap anggota Polri yang terlibat, baik sebagai pemadat kurir, apalagi bandar bakal ditindak secara tegas.

Baca juga: Gempa 5.9 SR Guncang Pangandaran

Tak tanggung-tanggung, hukuman terberat yang menanti adalah hukuman mati.

“Komitmen Kapolri sangat jelas dan tegas. Anggota yang terlibat harus dihukum mati karena sebenarnya dia tahu Undang-Undang dan dia tahu hukum," ucap Argo.

Sebelumnya, Ditresnarkoba Polda Riau menangkap Kompol IZ yang diduga membawa 16 kilogram sabu bersama rekannya berinisial HW, Jumat (23/10/2020).

IZ selaku Kepala Identifikasi Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau itu, bahkan mesti ditembak di bagian bahu, karena berusaha mencoba kabur. Sedangkan rekannya mengalami luka sobek di bagian kepala. Mobil yang digunakan tersangka melaju kencang usai kedapatan bertransaksi dengan dua orang yang membawa ransel berisi narkoba.

Baik IZ dan HW diduga berperan sebagai kurir, yang di bawah kendali seorang bandar berinisial HR. Polisi pun kini masih mengejar bandar narkoba tersebut. (C)

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga