Ratusan Warga Konawe Utara Dapat Bantuan Beras

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 23 Maret 2023
0 dilihat
Ratusan Warga Konawe Utara Dapat Bantuan Beras
Penyerahan bantuan beras kepada masyarakat di empat desa di Konawe Utara, yaitu Desa Mandiodo, Desa Tupuemea, Desa Tapunggaya dan Desa Tapunopaka. Foto: Ist.

" Bantuan 15 ton beras disalurkan kepada warga empat desa wilayah ring 1 Antam Konawe Utara, yaitu Desa Mandiodo, Desa Tupuemea, Desa Tapunggaya dan Desa Tapunopaka "

KONAWE UTARA, TELISIK.ID – Ratusan kepala keluarga di Konawe Utara mendapat bantuan beras menjelang bulan suci Ramadan. Mereka adalah masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar kawasan izin usaha pertambangan (IUP) unit bisnis pertambangan nikel (UBPN) Antam Konawe Utara.

Bantuan 15 ton beras disalurkan kepada warga empat desa wilayah ring 1 Antam, yaitu Desa Mandiodo, Desa Tupuemea, Desa Tapunggaya dan Desa Tapunopaka. Penyerahan bantuan ini diberikan kepada kurang lebih 750 kepala keluarga di empat desa tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud pelaksanaan tanggung jawab sosial Antam dalam rangka bersinergi dengan TNI, Polri dan pemerintah daerah untuk menyambut bulan suci Ramadan serta meringankan beban masyarakat ring 1 Antam UBPN Konawe Utara.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor Camat Molawe, dihadiri  oleh Asisten Teritorial Panglima TNI, Muhammad Syafei Kasno, Karoops Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol. Tumpal Damayanus, Bupati Konawe Utara, Ruksamin, Direktur Utama Antam Nico Kanter, Direktur Operasi dan Produksi Antam, I Dewa Wirantaya, serta general manager (GM) UBPN Konawe Utara, Hendra Wijayanto, Business Support Senior Manager, Muhammad Rusdan. Serta para camat dan kepala desa.

Dalam sambutannya, Dirut Antam menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sinergi dan kerja sama dengan TNI, Polda dan Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara.

Menurutnya Ini adalah bagian dari pelaksanaan tanggung jawab sosial  ANTAM kepada masyarakat, khusus masyarakat di 4 desa ring 1 Antam.

Baca Juga: 7.690 KPM di Kendari Akan Terima Bantuan Beras dan Telur dari Kemensos

“Kita ingin menunjukkan bahwa Mandiodo adalah merupakan aset negara yang sangat penting, karenanya semua pihak bertanggung jawab untuk bersama menjaga, agar dapat memberikan hasil semaksimal mungkin bagi masyarakat, bangsa dan negera,” ungkapnya.

Aster Panglima TNI, Muhammad Syafei Kasno, dalam kesempatan yang sama, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan ini merupakan langkah awal yang baik untuk mensinkronkan kegiatan-kegiatan yang penting dan berguna bagi masyarakat ke depannya.

Aster juga mengimbau, agar Antam sebagai BUMN harus dijaga bersama, agar bisa menjalankan kegiatan operasinya dengan baik dan bisa memberikan kontribusi yang lebih baik lagi kepada masyarakat dan negara.

Bupati Konawe Utara, Ruksamin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Antam UBPN Konawe Utara atas pelaksanaan kegiatan CSR (corporate social responsibility) ini.

“Ini semua berkat kerja sama yang baik antara pemerintah daerah, Forkopimda dan jajaran ANTAM, karenanya mewakili masyarakat, saya menyampaikan terima kasih kepada Antam,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan bahwa Pemda Konawe Utara telah membentuk unit reaksi cepat dengan KIS (Kemiskinan, Inflasi dan Stunting), di dalamnya ada 3 program yang harus ditangani.

“Salah satu yang juga sudah direncanakan adalah meringankan beban masyarakat dengan pemberian sembako. Alhamdulillah, melalui program sinergi, Antam memberikan 15 ton, yang artinya beban yang sementara dipikirkan dan akan dilaksankan oleh Pemda, sebagian sudah dilaksanakan oleh Antam dengan bantuan ini, apalagi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan ini,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan bahwa terkait pelaksanaan CSR, salah satu perusahaan  yang memang senantiasa bersinergi dan menyelaraskan program-programnya dengan pemerintah daerah adalah program CSR PT Antam Tbk UBPN Konawe Utara. Oleh karena itu, keberadaannya patut didukung sebagai BUMN.

Baca Juga: Ringankan Kebutuhan Warga, Gubernur Lepas Bantuan Beras PPKM Sultra

Sebelumnya, Direktur Utama Antam bersama Asisten Teritorial Panglima TNI melaksanakan kunjungan kerja ke Antam UBPN Konawe Utara pada Selasa, 21 Maret lalu.

Kunjungan bersama ini sebagai tindak lanjut atas penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Antam dan Mabes TNI untuk seluruh wilayah operasi Antam.

Sebagai Obvitnas, sebelumnya Antam bersama dengan Polri telah menandatangani perjanjian kerja sama sinergitas keamanan obvitnas perusahaan, dan kembali sinergi penguatan pengamanan territorial dilaksanakan juga dengan TNI.

Sinergitas bersama TNI dan Polri sangat diperlukan mengingat wilayah operasional perusahaan yang luas dan tersebar di beberapa wilayah, termasuk di wilayah IUP Antam UBPN Konawe Utara. (A-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga