Realisasi LTT Padi di Konawe Capai 4.559,1 Hektare Disumbang Tiga Kecamatan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 06 September 2024
0 dilihat
Realisasi LTT Padi di Konawe Capai 4.559,1 Hektare Disumbang Tiga Kecamatan
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Konawe, Gunawan Samad bersama jajaran saat meninjau lokasi LTT. Foto: Ist

" Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Konawe mencatat realisasi luas tambah tanam (LTT) padi di daerah ini mencapai 4.559,1 hektare hingga Agustus 2024 "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Konawe mencatat realisasi luas tambah tanam (LTT) padi di daerah ini mencapai 4.559,1 hektare hingga Agustus 2024.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Konawe, Gunawan Samad, mengatakan pencapaian ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi padi dan mendukung ketahanan pangan daerah.

Sebaran LTT padi yang dicapai meliputi tiga kecamatan yang menjadi sentra pertanian di Kabupaten Konawe.

“Kecamatan-kecamatan seperti Tongauna, Asinua, dan Meluhu merupakan wilayah yang berkontribusi besar dalam pencapaian LTT padi ini,” ujarnya, Jumat (6/9/2024).

Baca Juga: Ratusan Relawan Siap Menangkan Bapaslon Bupati Konawe RD-FPK di Kecamatan Soropia

Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Konawe terus melakukan pendampingan kepada para petani untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi padi.

“Melalui berbagai program pelatihan dan pemberian bantuan sarana pertanian, kami berusaha meningkatkan produktivitas petani agar Konawe dapat terus menjadi salah satu lumbung padi di Sulawesi Tenggara,” jelas Gunawan.

Meski realisasi LTT padi sudah mencapai angka yang cukup signifikan, Gunawan mengingatkan bahwa tantangan ke depan masih ada, terutama terkait perubahan iklim yang tidak menentu dan ketersediaan air irigasi.

Oleh karena itu, kata Gunawan, pemerintah daerah terus bekerja sama dengan pihak terkait untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan memastikan penyaluran bantuan pompanisasi untuk petani.

Baca Juga: Ini Ketentuan Pemenang Pilkada untuk Calon Tunggal Lawan Kotak Kosong di Pilkada Muna Barat

“Kami juga berharap adanya dukungan dari pemerintah pusat dan provinsi dalam penyediaan infrastruktur pendukung pertanian, sehingga produktivitas padi di Konawe bisa semakin meningkat,” harap Gunawan.

Gunawan menegaskan, capaian ini juga menjadi bukti kerja keras petani dan dukungan pemerintah daerah dalam memajukan sektor pertanian.

“Kami optimis dengan kerja sama yang solid antara pemerintah dan petani target produksi padi di Kabupaten Konawe akan terus meningkat di masa-masa mendatang,” ujarnya.

Berkat capaian LTT padi hingga 4.559,1 hektare, Kabupaten Konawe menunjukkan peran strategisnya dalam mendukung ketahanan pangan di Sulawesi Tenggara dan Indonesia pada umumnya. (Adv/C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga