adplus-dvertising

Reels, Pesaing TikTok dari Instagram, Resmi Hadir di Indonesia

Haerani Hambali, telisik indonesia
Kamis, 24 Juni 2021
506 dilihat
Reels, Pesaing TikTok dari Instagram, Resmi Hadir di Indonesia
Layanan mirip TikTok milik Instagram, Reels, diuji coba di India usai pemblokiran TikTok. Foto: Repro Instagram

" Fitur pesaing TikTok ini sudah tersedia untuk beberapa pengguna dan akan tersedia lebih luas dalam beberapa hari ke depan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Instagram resmi menghadirkan Reels di Indonesia, Rabu (23/6/2021).

Dilansir dari Liputan6.com, fitur Instagram Reels hadir dengan sedikit mengubah tampilan muka Instagram.

Ada tambahan ikon khas Reels di tengah-tengah tab Home, Explore, Store, dan Profile menggantikan ikon yang berguna untuk menambahkan konten ke Feeds.


Sementara, ikon tersebut pindah ke sisi atas disamping ikon Notification dan Direct Messages.

Fitur pesaing TikTok ini sudah tersedia untuk beberapa pengguna dan akan tersedia lebih luas dalam beberapa hari ke depan.

Country Director untuk Facebook di Indonesia, Pieter Lydian mengatakan, pihaknya sangat senang dapat mempersembahkan Reels di Indonesia. Fitur ini akan menambah kreativitas dan komunikasi dari satu pengguna ke pengguna lain.

Baca Juga: WhatsApp akan Rilis Mode Menghilang untuk Ponsel Android dan iOS

"Kami sangat senang dapat membawa Reels ke Indonesia. Instagram selalu berupaya untuk mendengarkan aspirasi para kreator dan penggunanya. Berangkat dari sini, kami banyak mendengar bahwa mereka menginginkan sebuah pengalaman membuat dan menonton video berdurasi pendek yang menghibur," kata Peter dalam konferensi pers virtual, Rabu (23/6/2021), seperti dikutip dari Suara.com.

Dengan peluncuran fitur Reels, pengguna Indonesia dapat membuat video berdurasi pendek dan terhubung dengan komunitas global Instagram. Mereka dapat menuangkan kreativitas melalui serangkaian fitur terbaru, seperti fitur pengeditan, pengaturan timer, pengaturan kecepatan, efek AR, hitung mundur, hingga berkolaborasi melalui fitur Remix.

Pengguna juga bisa membuat konten Reels menggunakan berbagai potongan klip video, serta menambahkan audio asli maupun lagu yang tersedia di galeri musik terbaru Instagram.

Dengan Reels, pengguna Indonesia kini dapat menemukan, menonton, dan terhubung dengan lebih dari 1 miliar pengguna Instagram secara global melalui sebuah bagian khusus di Explore. Fitur ini membantu pengguna Indonesia serta kreator-kreator muda untuk menjangkau audiens baru di panggung internasional.

Baca Juga: WhatsApp dan Telegram Perang, Saling Bongkar Aib di Twitter

Konten Reels juga dapat ditemukan di halaman Explore dan dapat dibagikan melalui berbagai fitur seperti Feed, Stories, Close Friends, maupun dikirimkan secara privat melalui DM.

Reels juga dipastikan akan memiliki sederet fitur keamanan yang disediakan, mulai dari pengaturan akun privat dan Close Friends yang membantu pengguna mengelola siapa saja yang dapat melihat konten mereka, hingga filter komentar dan Restrict (Batasi) yang memastikan mereka terlindungi dari komentar kurang pantas.

"Fitur-fitur yang kami luncurkan hari ini merupakan bagian besar dari masa depan konten hiburan di Instagram. Kami memberikan banyak cara dan pilihan bagi pengguna Indonesia dalam mengekspresikan diri, mencari hiburan, dan terhubung dengan apa yang mereka sukai," jelas Pieter. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga