adplus-dvertising

Resep Zuppa Soup Makanan Enak dan Gurih Asal Italia, Cocok untuk Ide Jualan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 25 Agustus 2022
695 dilihat
Resep Zuppa Soup Makanan Enak dan Gurih Asal Italia, Cocok untuk Ide Jualan
Zuppa soup adalah makanan asal Toscana, Italia. Sup kental dengan pastry atau puff pastry yang ditaruh di atasnya seperti topi dan disebut sup bertopi atau zuppa soup. Foto: Repro Instagram @riskajuliannaa

" Zuppa soup adalah sup kental dengan pastry atau puff pastry yang ditaruh di atasnya seperti topi dan disebut sup bertopi atau zuppa soup "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjalankan usaha kuliner memang tak ada habisnya. Beragam kuliner baik dalam dan luar negeri dapat dijadikan sebagai ide jualan. Salah satunya zuppa soup, makanan asal Toscana, Italia.

Zuppa soup adalah sup kental dengan pastry atau puff pastry yang ditaruh di atasnya seperti topi dan disebut sup bertopi atau zuppa soup. Sup ini berasal dari Italia dan biasanya dikenal dengan nama Zuppa Toscana karena berasal dari daerah Toscana, Italia.

Dikutip dari Kompas.com, di Italia sendiri sup ini disebut sebagai bread soup karena disajikan bersama roti tepatnya lembaran puff pastry panggang.


Isian zuppa soup bisa menyesuaikan selera tetapi umumnya menggunakan daging ayam. Bumbunya menggunakan susu, mentega, dan tepung agar sup menjadi creamy.

Melansir dari cookpad.com @Yayowsita29 berikut ini resep zuppa soup.

Bahan-bahan:

Baca Juga: 7 Makanan Diet Pengganti Nasi, Anti Perut Buncit

Isian sup:

- 2 siung bawang putih ukuran sedang

- 1/4 siung bawang bombay

- 1 ½ sendok teh garam

- 1 sendok teh bubuk kaldu ayam

- 2 sendok teh merica bubuk

- 1 buah jagung manis

- daging ayam cincang

- keju parut

- 100 ml susu cair full cream

Kulit:

- 2 lembar puff pastry potong menjadi 8

- 1 sendok makan mentega

- 2 sendok makan tepung maizena

- kuning telur (untuk olesan)

Cara membuat:

1. Ulek bawang putih, garam dan merica hingga halus, kemudian tumis bahan ulekan dan bawang bombay menggunakan mentega hingga harum.

Baca Juga: 5 Resep Mi Instan, Ide Jualan Praktis dan Low Budget

2. Rebus ayam yang telah dicincang kecil-kecil hingga empuk, kemudian masukkan jagung dan bahan tumisan. Masukkan susu cair/cream kental, kaldu ayam bubuk, dan rasakan. Jika kurang asin silakan tambahkan garam sesuai selera.

3. Kecilkan api, tambahkan larutan tepung maizena aduk hingga mengental. Angkat dan dinginkan.

4. Siapkan oven dengan suhu 200°c Masukkan soup ke dalam alumunium foil, masukkan juga sedikit keju parut. Tutup alumunium foil dengan puff pastry, kemudian olesi kuning telur. Taburi di atasnya dengan keju parut (pastikan soup tidak terlalu penuh, jika penuh soup akan meluap dan menyebabkan puff pastry tidak mengembang sempurna).

5. Masak sekitar 30 menit hingga puff pastery mengembang dan kuning keemasan. Angkat dan sajikan selagi hangat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga