Resmi Dibuka, STQH Kabupaten Muna Barat Ajang Tingkatkan Kualitas Diri

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 17 Mei 2023
0 dilihat
Resmi Dibuka, STQH Kabupaten Muna Barat Ajang Tingkatkan Kualitas Diri
STQH ke-IV tingkat Kabupaten Muna Barat resmi dibuka untuk meningkatkan kualitas diri. Foto: Ist.

" Resmi dibuka, STQH tingkat kabupaten menjadi ajang peningkatan kualitas diri dan penggali bakat dalam bidang keagamaan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Resmi dibuka, STQH tingkat kabupaten menjadi ajang peningkatan kualitas diri dan penggali bakat dalam bidang keagamaan.

Diketahui, pembukaan STQH tingkat Kabupaten Muna Barat resmi dibuka pada Rabu (17/Mei/2023) dalam kegiatan itu diawali dengan pawai yang dihadiri oleh berbagai OPD, siswa siswa SMP, SMA, Aliyah se-Kecamatan Kusambi, serta organisasi masyarakat, dan KNPI Muna Barat.

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, Muna Barat sebagai daerah yang mayoritas penduduknya beragama Islam, sepatutnya bangga dan bersyukur atas anugerah kuantitas penganut Islam.

Baca Juga: Pemda Janji Segera Perbaiki Jalan Rusak di Muna Barat

"Olehnya itu, bicara Alquran dan hadits umat Islam wajib memperbaiki kualitas umat secara menyeluruh, untuk itu dibaca dipahami maknanya serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Bahri.

Sesuai dengan tema STQH IV yaitu menggali potensi minat dan bakat menuju generasi Qurani yang unggul, cerdas dan berprestasi. Untuk itu Alquran mampu dipahami, dibaca, dan diamalkan sebagai pedoman hidup, sehingga nanti akan membudaya di seluruh pelosok Kabupaten Muna Barat.

Dalam pembukaan STQH itu juga, Bahri meminta kepada Kabag Kesra untuk segera membentuk LPTQ tingkat kecamatan hingga kabupaten, agar bisa menghasilkan peserta yang mampu mewakili Muna Barat di tingkat provinsi maupun nasional.

Sementara itu, Ketua Panitia STQH IV tingkat kabupaten yang juga sebagai Asisten I Setda Muna Barat, Ibrahim Rasimu mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti STQH sebanyak 165 orang dari 11 kecamatan.

Baca Juga: Hutan Jati Matakidi Muna Barat Terancam Punah

Dalam STQH cabang yang diperlombakan yakni tilawatil, hafalan juz, tafsir, hafalan hadits, cerdas cermat Alquran, seni kaligrafi Alquran, syarh Alquran, karya tulis ilmiah Alquran, serta laski.

"Untuk itu, dengan STQH ini dapat melahirkan qari dan qariah terbaik," ungkapnya.

Ia juga mengatakan pemenang dari STQH ini juga akan mewakili Muna Barat pada STQH tingkat Sulawesi Tenggara pada Juli 2023 mendatang. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga