adplus-dvertising

Resmikan Manasik Haji, Bupati Kolaka Utara Tekankan Pentingnya Nilai Kemabruran

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 28 Mei 2022
353 dilihat
Resmikan Manasik Haji, Bupati Kolaka Utara Tekankan Pentingnya Nilai Kemabruran
Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan bimbingan manasik haji di kantor Kemenag Kolaka Utara. Foto: Diskominfo

" Pentingnya nilai-nilai kemabruran haji dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal saleh baik secara individual maupun secara sosial "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar, membuka secara resmi kegiatan bimbingan manasik haji tingkat Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kolaka Utara yang digelar di aula kantor Kemenag Lasusua, Sabtu (28/5/2022).

Nur Rahman menyampaikan, pentingnya nilai-nilai kemabruran haji dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal saleh baik secara individual maupun secara sosial.

Menurutnya, kemabruran haji sesungguhnya berdimensi vertikal dan horizontal. Dimensi vertikal ditandai dengan meningkatnya kesalehan personal, sementara dimensi horizontal ditunjukkan dengan meningkatnya kesalehan sosial.


"Dari kedua dimensi inilah, kita semua yang akan menunaikan ibadah haji, hendaknya mampu menyeimbangkan antara kesalehan personal dan kesalehan sosial," terangnya.

Selain itu lanjutnya, CJH diharapkan agar senantiasa memiliki kesadaran, tanggung jawab, dan integritas sebagai seorang muslim yang mampu memotivasi umat untuk senantiasa berpikir positif, saling mengingatkan dan menasehati, menghargai perbedaan dan toleransi, serta mengajak beramar ma'ruf nahi mungkar.

Peserta Bimbingan manasik haji. Foto: Muh. Risal H/Telisik

 

"Jika hal-hal semacam ini sudah kita laksanakan maka secara tidak langsung, para calon jamaah haji telah ikut mengambil bagian dalam menyukseskan cita-cita mulia kami yang ingin mewujudkan Kabupaten Kolaka Utara sebagai kabupaten Madani di Provinsi Sulawesi Tenggara," kata Nur Rahman.

Untuk mewujudkan semua itu, pasangan Abbas ini berharap, seluruh CJH dapat mengikuti manasik haji dengan sungguh-sungguh dan benar-benar menggunakan waktu sebaik-baiknya selama kegiatan.

"Bimbingan manasik haji ini dilaksanakan bertujuan agar para jamaah nantinya lebih siap dan mandiri. Tidak bergantung pada pembimbing atau petugas kloter dalam melaksanakan ibadah haji sehingga dapat memperoleh haji mabrur," urainya.

Baca Juga: Distribusi Mulai Lancar di Pasaran, Harga Minyak Goreng Curah di Jatim Mulai Turun

Bupati, juga berpesan kepada CJH  agar menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji serta rangkaiannya, baik persiapan fisik dan mental, di samping itu juga pemahaman tentang cara pelaksanaan haji.

Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar bersama Plt Kepala Kantor Kemenag Kolut (ujung kiri) saat menghadiri pembukaan bimbingan manasik haji. Foto: Risal H/Telisik

 

"Dengan demikian, para jamaah calon haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat Islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna," tukasnya.

Tidak lupa politisi partai Demokrat ini, memyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta CJH dan jajaran Kemenag Kolaka Utara atas terselenggaranya kegiatan bimbingan manasik haji tahun ini.

Baca Juga: Calon Jamaah Haji Kolaka Utara Berkurang Lagi

"Pelaksanaan kegiatan ini tentu sangat bermanfaat bagi calon jamaah haji sebagai bekal untuk menambah wawasan, pemahaman, dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umrah, sesuai dengan petunjuk syariat Islam serta proses perjalanan mulai dari daerah sampai kembali ke daerah dengan selamat," pungkasnya. (C-Telisik)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

Baca Juga