Respon Laporan PSSI, AFF: Tak Ada Pelanggaran di Laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 30 Juli 2022
0 dilihat
Respon Laporan PSSI, AFF: Tak Ada Pelanggaran di Laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022
Timnas Vietnam vs Timnas Thailand di Piala AFF U-19 2022. Foto: Repro twitter/@AFFPrese

" Soal dugaan adanya main mata di Piala AFF U-19 2022 kini direspon Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Soal dugaan adanya main mata di Piala AFF U-19 2022 kini direspon Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF).

AFF mengkonfirmasi bahwa tak ada pelanggaran di laga Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022 seperti dilansir dari okezone.com.

Atas dasar tersebut, baik Timnas Thailand U-19 maupun Timnas Vietnam U-19 tidak terbukti melanggar aturan fair play.

AFF memberikan konfirmasi tersebut setelah adanya laporan dari Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) perihal dugaan sepakbola gajah di Piala AFF U-19 2022.

Dimana PSSI secara resmi melayangkan surat pada Selasa 12 Juli 2022 lalu. Surat tersebut terkait keberatan PSSI terhadap laga Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19 di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022.

Untuk membuktikan dugaan tersebut apakah benar atau tidak, AFF menunjuk Sports Radar untuk melihat adanya indikasi kecurangan dalam pertandingan.

AFF juga menghadirkan ahli analisa teknis untuk memberikan masukan dan mempelajari laporan pengawas dan perangkat pertandingan.

Selain itu, AFF juga meminta masukan dari Ketua Komite Hukum AFF yang juga merupakan Ketua Komite Disiplin (Komdis) AFC.

Baca Juga: Ini Jadwal Lengkap Babak Penyisihan Group Bupati Cup VI Manggarai Timur di Dampek

Setelah beberapa masukan, AFF melaporkan tidak ada peraturan yang dilanggar dalam pertandingan 12 menit terakhir antara Vietnam dan Thailand.

AFF pun berterima kasih kepada PSSI yang telah menyampaikan isu ini agar AFF bisa mempelajari dari berbagai sisi.

Menanggapi konfirmasi AFF tersebut, Manajer Tim Nasional (Timnas), Endri Erawan mengapresiasi sikap AFF yang sudah merespons surat dari PSSI. Pasalnya, penjelasan AFF sangat dinantikan oleh publik sepakbola nasional.

Baca Juga: Ini Hasil Drawing Pertandingan Sepak Bola Bupati Cup VI Manggarai Timur

"Kami berterima kasih kepada AFF karena sudah merespons surat resmi dari PSSI. Setelah adanya surat resmi dari AFF itu, kami (PSSI) menerima keputusan itu," ucap Endri Erawan dilansir dari laman resmi PSSI, Sabtu (30/7/2022).

"Pada dasarnya surat itu hanya ingin mempertanyakan apakah laga itu berjalan fair play atau tidak. Kini semua sudah jelas dan tidak ada masalah lagi," tambahnya. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Musdar

Baca Juga