Respon Cepat Pemkot Kendari Atasi Banjir: Agar Tata Kota Bersih dan Rapi

Erni Yanti, telisik indonesia
Kamis, 30 Mei 2024
0 dilihat
Respon Cepat Pemkot Kendari Atasi Banjir: Agar Tata Kota Bersih dan Rapi
Pemkot Kendari melakukan pembersihan drainase dari sampah-sampah yang menyebabkan banjir. Foto: Ist.

" Pasca banjir yang melanda Kota Kendari akibat hujan deras yang mengguyur, Pemerintah Kota Kendari bergerak cepat untuk menangani dampak yang ditimbulkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasca banjir yang melanda Kota Kendari akibat hujan deras yang mengguyur, Pemerintah Kota Kendari bergerak cepat untuk menangani dampak yang ditimbulkan, Selasa (28/5/2024).

Beberapa titik di kota ini dilaporkan mengalami luapan air yang mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas serta menimbulkan genangan lumpur dan tanah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari menjadi yang pertama terjun ke lapangan. Dengan sigap, mereka membersihkan aliran air di beberapa titik kritis yang terdampak banjir.

Upaya ini dilakukan untuk memastikan air dapat mengalir dengan lancar dan tidak menyebabkan banjir susulan.

Respons penanganan banjir di Kota Kendari, Pemkot sigap atasi dampak banjir. Foto: Ist.

 

Kepala BPBD Kota Kendari, Fadlil Suparman menyatakan bahwa tindakan cepat ini sangat penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan membantu warga yang terdampak

Baca Juga: Pemkot Kendari Komitmen Wujudkan Tata Kota Lebih Baik Utamanya Kawasan RTH

Selain BPBD, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari juga ikut serta dalam penanganan dampak banjir. Mereka menurunkan alat berat untuk membersihkan lumpur yang menutupi Jalan Tunggala-Baito.

Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup, merespons cepat penanganan banjir di Kota Kendari. Foto: Ist.

 

Kepala Dinas PUPR Kendari, Erlis Sadya Kencana mengatakan, lumpur yang tebal dan licin tidak hanya mengganggu arus lalu lintas tetapi juga berpotensi membahayakan pengendara.

“Kami telah menurunkan beberapa unit alat berat untuk membersihkan jalan. Proses ini memerlukan waktu, tetapi kami berusaha secepat mungkin agar jalan bisa kembali digunakan dengan aman,” kata Kepala Dinas PUPR Kendari, Erlis Sadya Kencana.

Dinas PUPR Kota Kendari turut serta menangani dampak banjir dengan menurunkan alat berat. Foto: Ist.

 

Di depan kantor PLN Benu-benua, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) juga bergerak cepat dengan membersihkan drainase yang dipenuhi lumpur dan tanah. Selain itu, DLHK juga menggunakan alat berat berupa backhoe untuk membantu mempercepat proses pembersihan.

Langkah ini diambil untuk mencegah terjadinya penyumbatan drainase yang dapat memperparah kondisi banjir.

“Hujan deras telah membawa banyak lumpur dan sampah ke dalam drainase. Kami bekerja keras untuk membersihkannya agar air dapat mengalir dengan lancar dan tidak terjadi banjir lagi,” ungkap seorang petugas DLHK.

Baca Juga: Kolaborasi dengan RT dan RW Pemkot Kendari Fokus Menata Kota

Banjir yang terjadi kemarin tidak hanya menyebabkan kerugian material tetapi juga mengganggu aktivitas warga. Arus lalu lintas di beberapa titik terpaksa dialihkan karena genangan air yang cukup tinggi.

Banjir yang melanda Kota Kendari kali ini menjadi pengingat bahwa kesiapsiagaan dan respons cepat sangatlah penting dalam menghadapi bencana alam.

Dengan koordinasi yang baik dan tindakan cepat, dampak buruk dari bencana dapat diminimalisir, memastikan keselamatan dan kenyamanan warga tetap terjaga. (A-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga