Review HP Itel A60s, HP harga Rp 900 Ribuan yang Memuaskan

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 24 Agustus 2023
0 dilihat
Review HP Itel A60s, HP harga Rp 900 Ribuan yang Memuaskan
Itel A60s, HP Rp 900 ribuan dengan kualitas yang memuaskan. Foto: carisinyal.com

" Saat merek HP lain berlomba-lomba membuat HP yang memiliki spesifikasi mumpuni dengan harga yang setara, Itel hadir dengan spesifikasi oke namun dengan harga yang merusak pasaran "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat merek HP lain berlomba-lomba membuat HP yang memiliki spesifikasi mumpuni dengan harga yang setara, Itel hadir dengan spesifikasi oke namun dengan harga yang merusak pasaran.

Itel A60s, HP keluara terbaru Itel yang punya harga tidak sampai sejuta. Meski dengan harga yang sangat murah, HP keluaran perusahaan asal Tiongkok tersebut punya spesifikasi yang cukup memuaskan.

Berikut Telisik.id membuat daftar kelebihan dan kekurangan yang dimiliki HP Rp 900 ribuan ini.

Desain yang sudah pakai finger print Meski di harga yang sangat murah, HP ini sudah dilengkapi dengan Finger Print. Itel A60s juga memiliki desain yang menarik dengan bodi belakang yang terinspirasi dari kristal berlian. Tekstur bodi belakang mengikuti pola berlian yang memberikan tampilan yang berbeda dari kebanyakan smartphone dengan harga terjangkau. HP ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Glazer Green dan Shadow Black.

Baca Juga: Infinix Note 30, HP Rp 2 Jutaan dengan Spek Dewa

Layar luas dengan spesifikasi yang biasa Berada di kelas harga entry-level, kita tidak perlu berharap banyak pada layarnya. HP ini belum dikemas dengan layar Super AMOLED dan hanya dilengkapi dengan IPS LCD biasa. Meski kecerahan dan warna yang ditampilkan tidak sebagus OLED dan jenis panel turunannya, namun IPS LCD lebih unggul karena tidak rentan terhadap image retention atau burn in.

Namun, keunggulan layarnya terletak di dimensi luas yang dimiliki oleh layarnya. Mengusung layar dengan luas 6,6 inci membuat HP ini sedikit di atas smartphone rata-rata yang masih pakai layar 6,5 inci. Layar tersebut berada pada resolusi HD+ (720 x 1612 piksel) dan menyajikan konten dalam aspek rasio 20:9.

Kamera yang cukup memuaskan untuk kelasnya Kamera utama Itel A60s memiliki resolusi 8 MP yang menghadirkan fitur autofocus dan LED flash. Kamera ini mampu merekam video dengan kualitas 1080p 30 FPS. Di bagian depannya, terdapat kamera selfie 5 MP dengan perekaman video juga mencapai 1080p 30 FPS. Terdapat fitur-fitur seperti AI, portrait, low light, panorama, wide selfie, hingga HDR.

Kameranya sendiri dianggap biasa saja mengingat harga yang ditawarkan. Sebagai mana yang diutarakan oleh Ganesha, pengguna HP ini di Kota Kendari yang ia beli secara online.

"Walau hasil kualitas kameranya tidak sebagus HP-HP lain, tapi tambahan  1080p jadi nilai tambah," tuturnya pada Telisik.id.

RAM dan memori yang besar untuk kelas harganya

Kapasitas penyimpanan HP ini cukup besar, yaitu 64 GB, dan didukung oleh RAM 4 GB. Terdapat juga fitur memory fusion yang meningkatkan kinerja RAM hingga 4GB. Kemudian Baterai Itels A60s berkapasitas 5000 mAh dengan dukungan pengisian daya 10 watt.

Dapur pacu yang sesuai harga

Itel A60s memiliki dapur pacu yang terbilang lemah. HP ini menggunakan Unisoc SC9832E sebagai dapur pacunya  yang merupakan versi ringan dari Unisoc SC9832A.

Dengan dapur pacu tersebut, HP ini tidak dapat menunjang aktivitas gaming dengan baik. Penggunaan UI-nya juga tergolong lambat, seperti yang dituliskan oleh carisinyal.com

Meski begitu, HP ini terbilang HP yang cukup layak untuk para Telisikers yang mempunyai dana terbatas, mengingat harga yang ditawarkan cukup murah.

Baca Juga: Ulasan Infinix Note 30 Pro, HP Rp 3 Jutaan dengan Wireless Charger

Namun, untuk Telisikers yang berada di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara harus sedikit bersabar jika ingin memiliki HP ini, karena berdasarkan pantauan Telisik.id, HP ini belum tersedia di toko-toko HP di Kota Kendari. Seperi yang disampaikan oleh Supervisor GMT MT Haryono Kendari, Mega.

"Kami belum menyetok merek Itel, masih tunggu arahan dari pusat," jelasnya.

Sementara itu, hal yang serupa juga terjadi di Toko Aneka Jaya Mobile yang berada di Jalan MT Haryono. Hal tersebut disampaikan melalui salah satu salesnya, Dika, jika pihak Aneka Jaya Mobile produk HP Itel belum masuk ke pasaran mereka.

“Iya, HP Itel belum masuk di pasaran kami,” jelasnya.

Namun bagi Telisiker yang tertarik dengan HP ini, kalian bisa melakukan pembelian melalui market place kesukaan kalian. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga