Ribuan Personel Polda Sulawesi Tenggara Siap Tempur, Dilarang Catat Hasil Perhitungan Suara Pemilu 2024

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 11 Februari 2024
0 dilihat
Ribuan Personel Polda Sulawesi Tenggara Siap Tempur, Dilarang Catat Hasil Perhitungan Suara Pemilu 2024
Kapolda Sulawesi Tenggara saat melepas ribuan personel. Foto: Ist.

" Sebanyak 1.787 personel Polda Sulawesi Tenggara telah siap menjalankan tugas pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID- Sebanyak 1.787 personel Polda Sulawesi Tenggara telah siap menjalankan tugas pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum 2024.

Kapolda Sulawesi Tenggara, Irjen Pol Drs. Teguh Pristiwanto, memimpin Apel Pergeseran Personel Pengamanan TPS di Lapangan Apel Presisi, Minggu (11/2/2024) pagi.

Kapolda menyoroti betapa krusialnya dedikasi dan profesionalisme dalam menjalankan tugas pengamanan selama tahap pemungutan hingga penghitungan suara.

Pantauan Telisik.id di lokasi, cuaca sedikit mendung saat apel berlangsung. Namun semangat ribuan personel Polda Sultra tak surut. Sebagai bagian dari persiapan mengamankan Pemilu 2024, apel tersebut dihadiri oleh Pejabat Utama (PJU) Polda Sultra serta personel yang akan bertugas di TPS selama tahap pemungutan hingga penghitungan suara.

Baca Juga: 22.289 Personel TNI Polri dan Linmas Diterjunkan Amankan TPS di Sulawesi Tenggara

Tugas yang diemban oleh personel sangat berat, mengingat Sulawesi Tenggara memiliki 8.154 TPS yang harus diamankan. Kapolda Sultra menekankan pentingnya kondisi kesehatan dan ketahanan fisik yang prima, terutama mengingat beberapa TPS berada di daerah dengan kondisi medan yang sulit.

Personel Polda Sulawesi Tenggara saat melakukan apel pergeseran pasukan untuk mengamankan TPS. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

 

Ia juga mengingatkan personel untuk selalu mengikuti pedoman yang telah disusun, antara lain mengenali wilayah tugas, mengamankan logistik pemilu, ikuti buku petunjuk pam TPS, serta melarang melakukan pencatatan atau dokumentasi perolehan suara. Selain itu, pentingnya koordinasi dengan TNI dan Linmas serta menjaga keselamatan dan kesehatan selama melaksanakan pengamanan TPS juga menjadi prioritas utama.

Baca Juga: 95 TPS di Sulawesi Tenggara Kategori Sulit dan Rawan Cuaca, Ini Daftarnya

Sebelumnya diberitakan Telisik.id, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, telah memimpin pelepasan 22.289 personel TNI, Polri, dan Linmas untuk mengamankan TPS di Sulawesi Tenggara. Dalam amanatnya, Pj Gubernur menekankan pentingnya memahami tugas dengan baik dan menjaga independensi dalam menjalankan tugas pengamanan.

Para personel diminta untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan cermat agar tahapan pemungutan suara dapat terselenggara dengan baik, lancar, aman, dan kondusif. Dengan semangat dan kesadaran tugas yang tinggi, diharapkan pengamanan TPS di Sulawesi Tenggara dapat berjalan lancar dan aman selama pelaksanaan Pemilu 2024. (B-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga