Ribuan Rumah di Buteng Diusulkan untuk Dibedah

Mutarfin, telisik indonesia
Jumat, 09 Juli 2021
0 dilihat
Ribuan Rumah di Buteng Diusulkan  untuk Dibedah
Pembangunan salah satu rumah warga. Foto: Repro google.co

" Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Buteng, Suhardin Djama Suke mengatakan, untuk saat ini program BSPS baru memasuki tahapan perampungan data. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Pemkab Buton Tengah (Buteng) mencatat usulan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau dikenal dengan bedah rumah mencapai 6.931 unit.

Usulan untuk program BSPS tersebut tercatat dari 2019 hingga 2021 ini.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Buteng, Suhardin Djama Suke mengatakan, untuk saat ini program BSPS baru memasuki tahapan perampungan data.

Mengenai kuota bantuan masing-masing daerah, sementara menunggu dari pemerintah pusat maupun provinsi.

"Saat ini pihak kami telah malakukan pendataan malalui aplikasi Sistem Informasi Bantuan Perumahan (Sibaru)," katanya, Jumat (9/7/2021).

Ia menambahkan, cara kerja Sibaru yaitu aplikasi ini langsung terkoneksi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga: Banjir Bulukumba Sisakan Kerusakan Infrastruktur

Baca Juga: 24 Pegawai Positif COVID-19 Satu Meninggal, Pemkot Makassar Lockdown

Dimana, kata dia, melalui aplikasi ini, membuka ruang bagi pemerintah desa untuk mengusulkan rumah tidak layak huni (RTLH) yang ada di wilayahnya masing-masing.

Suhardin Djama Suke juga memaparkan, bahwa pihaknya selalu rutin melakukan sosialisasi pada masyarakat tentang bagaimana cara memperolehnya serta syarat-syarat khususnya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Oengkolaki, Kecamatan Mawasangka, Darsina mengaku pernah mendaftarkan diri untuk mendaparkan bantuan bedah rumah ini.

"Saya sudah mengajukan permohonan pada pemerintah setempat untuk dapat bantuan bedah rumah. karena kita tau sendiri rumah kami ini semi permanen/rumah papan," katanya. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga