RSUD Bahteramas Optimis Raih Kembali Akreditasi Paripurna Bintang Lima

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 09 Agustus 2022
0 dilihat
RSUD Bahteramas Optimis Raih Kembali Akreditasi Paripurna Bintang Lima
Direktur RSUD Bahteramas dr. H. Hasmudin optimis RS yang ia pimpin kembali mendapatkan akreditasi paripurna bintang lima. Foto: Musdar/Telisik

" Akreditasi paripurna merupakan predikat hasil penilaian tertinggi yang diberikan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di rumah sakit "

KENDARI, TELISIK.ID - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara bertekad untuk kembali meraih sertifikat akreditasi paripurna bintang lima dari Kementerian Kesehatan RI.

Akreditasi paripurna merupakan predikat hasil penilaian tertinggi yang diberikan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di rumah sakit.

Penilaian tersebut meliputi ketersediaan SDM, sarana prasarana serta proses pelayanan yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Pada Desember 2021, RSUD Bahteramas menerima sertifikat akreditasi paripurna bintang lima Akreditasi SNARS Edisi I. Sertifikat akreditasi diserahkan langsung oleh Ketua Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) DR. Dr. Sutoto, M.Kes kepada Direktur RSUD Bahteramas.

RSUD Bahteramas terus meningkatkan mutu pelayanan dan seluruh yang menjadi ketentuan untuk bisa mendapatkan akreditasi paripurna bintang lima. Foto: Musdar/Telisik

 

Direktur RSUD Bahteramas, dr.H. Hasmudin mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah membentuk kelompok kerja (pokja) akreditasi dan kini sedang bekerja.

Baca Juga: Plafon Puskesmas Poasia Bocor, Pelayanan Terganggu

Pokja akreditasi bertugas melengkapi segala hal yang dibutuhkan atau yang menjadi elemen penilaian seperti melakukan percepatan penyelesaian dokumen-dokumen akreditasi rumah sakit.

"Rencananya kita pra akreditasi di September 2022 kemudian akreditasi full kita undang tim lembaga akreditasi nasional paling lambat Oktober atau November 2022 untuk akreditasi ulang," ucap dr. H. Hasmudin, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Layanan Puskesmas Bisa Pincang, DPRD Kendari Komit Tolak Honorer Dihapus

Direktur RSUD Bahteramas mengakui, mempertahankan akreditasi paripurna yang telah diraih pada 2019 lalu tidaklah mudah apalagi sejak 2020 hingga sekarang masih dalam situasi pandemi COVID-19. Yang mana pandemi COVID-19 menjadi tantangan bagi tenaga kesehatan dalam mempertahankan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Kendati begitu, dr. H. Hasmudin optimis  RSUD Bahteramas akan kembali meraih akreditasi paripurna bintang lima.

"Istilahnya mempertahankan lebih sulit. Tapi kita optimis dengan terus meningkatnya mutu pelayanan RSUD Bahteramas akan kembali meraih sertifikat akreditasi paripurna bintang lima," ungkapnya. (C-Adv)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga