Rumpun Perempuan Sulawesi Tenggara Pastikan KPU Fasilitasi Kelompok Pemilih Rentan

Ayu Safitri, telisik indonesia
Jumat, 19 Januari 2024
0 dilihat
Rumpun Perempuan Sulawesi Tenggara Pastikan KPU Fasilitasi Kelompok Pemilih Rentan
Rumpun Perempuan Sulawesi Tenggara saat menyambangi KPU Kota Kendari, Jumat (19/1/2024). Foto: Ayu Safitri/Telisik

" Rumpun Perempuan Sulawesi Tenggara (RPS) ingin memastikan kesiapan KPU Kota Kendari mengakomodir kelompok pemilih rentan dalam hal ini disabilitas, lansia, pekerja migran dan ibu hamil "

KENDARI, TELISIK.ID - Rumpun Perempuan Sulawesi Tenggara (RPS) ingin memastikan kesiapan KPU Kota Kendari mengakomodir kelompok pemilih rentan dalam hal ini disabilitas, lansia, pekerja migran dan ibu hamil.

Manajer Program RPS, Siti Zahara menyampaikan, pihaknya melakukan pertemuan dengan KPU untuk memastikan persiapan terkait fasilitas untuk kelompok pemilih rentan/marginal terpenuhi.

"Kami akan terus memantau seperti apa implementasi dari KPU, termasuk mengadakan rapat kembali dengan KK di 15 kelurahan untuk memastikan hak pilih mereka tersalurkan dengan baik," kata dia saat diwawancarai Telisik.id.

Baca Juga: Februari Puncak Musim Hujan, KPU Sulawesi Tenggara Antisipasi Gangguan Banjir Saat Pemilu

Zahara juga menuturkan bahwa beberapa hal yang menjadi perhatian dari RPS kepada KPU adalah terkait hak pilih dan data pekerja migran yang punya hak pilih, data pemilih disabilitas beserta zona TPS ramah bagi penyandang disabilitas, data lansia, ibu hamil serta kelompok rentan lainnya pada pemilihan tanggal 14 Februari nanti.

"Jadi kami ingin melihat dan memastikan bahwa penyelenggaraan Pemilu 2024 ini KPU berkomitmen untuk memastikan bahwa proses pemilu berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga nantinya bisa dijadikan evaluasi ke depannya khususnya untuk pemilih rentan," tambahnya.

Menjawab hal tersebut, Arwah, komisioner Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Kendari mengungkapkan, KPU memilikimu komitmen yang sama dengan RPS terkait hal tersebut dan akan dibicarakan nantinya dengan pemerintah daerah.

Baca Juga: Intip Persiapan KPU Sulawesi Tenggara Jelang Pemilu 14 Februari 2024

"Nantinya kita akan saling berkoordinasi dengan pihak terkait bagaimana membangun TPS agar nantinya bisa kita sediakan apa saja yang diperlukan, artinya kita saling membantu agar KPPS menyediakan fasilitas sesuai yang dibutuhkan oleh pemilih rentan," kata dia.

Diketahui, dalam hal penyediaan kelengkapan data dan fasilitas bagi pemilih rentan tersebut, pihak KPU Kota Kendari masih akan melaksanakan bimbingan tekhnis (bimtek) bagi PPK, PPS dan KPPS.

"Dalam bimtek tersebut, salah satunya sudah itu yang akan kami tekankan, agar nantinya pembuatan TPS harus ramah terhadap disabilitas, baik akses ke TPS dan pelayanan yang maksimal terhadap pemilih rentan," ujarnya. (B)

Penulis: Ayu Safitri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga