Saat Launching, Bank Sampah di Lahundape Pamerkan Paving Block dari Olahan Sampah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 06 Mei 2021
0 dilihat
Saat Launching, Bank Sampah di Lahundape Pamerkan Paving Block dari Olahan Sampah
Sosialisasi pengelolaan sampah oleh Pemkot Kendari dan JARS Foundation, beberapa waktu lalu. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Sekarang mesinnya sudah dipesan. Jadi setelah lebaran Bank Sampah Lahundape sudah bisa kita launching "

KENDARI, TELISIK.ID - Bank Sampah yang ada di Kelurahan Lahundape, Kota Kendari, akan segera dilaunching setelah lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Lingkungan (DLHK) Kendari, Nismawati. Menurutnya, persiapan untuk launching Bank Sampah tersebut telah dilakukan.

Dimana, kata dia, saat ini pihaknya bersama Jendela Rumah Sehati (JARS) Foundation telah memesan mesin pengelola sampah.

Baca Juga: Usai Lebaran, DLHK Kendari akan Uji Coba Jemput Sampah ke Rumah Warga

"Sekarang mesinnya sudah dipesan. Jadi setelah lebaran Bank Sampah Lahundape sudah bisa kita launching," katanya kepada Telisik.id, Rabu (5/5/2021).

Pada saat launching nanti, kata dia, pihaknya akan memamerkan hasil olahan sampah plastik yang diolah menjadi paving block.

"Saat ini teman-teman JARS juga sudah mengumpulkan bekas styrofoam supaya jangan dibuang karena akan diolah jadi paving block. Nah, saat launching paving block yang diinjak nanti hasil dari daur ulang sampah plastik," pungkasnya.

Sebelumnya, Tim JARS Foundation, Titik Suminar mengungkapkan, dalam pengelolaan bank sampah ini warga akan menabung sampahnya di Bank Sampah tersebut.

Baca Juga: Polda Sultra Turunkan 3.432 Personel Sekat Pemudik di Pos Perbatasan

Dimana, warga bisa memilih apakah tabungan hasil sampahnya yang bernilai ekonomis itu mau diambil dalam bentuk chas atau ditabung yang ke depan akan ditukar dalam bentuk sembako.

"Bank Sampah yang akan launching ini akan terintegrasi dengan masyarakat modern. Makanya tak bosan-bosan kami berharap masyarakat untuk jadi bagian dari perubahan Kota Kendari. Jangan hanya camat, lurah atau Kadis, tapi mesti tanggung jawab kita semua," pungkasnya.  (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga