Salat Idul Fitri di Mubar Bisa di Masjid dan Lapangan Terbuka

Laode Pialo, telisik indonesia
Kamis, 06 Mei 2021
0 dilihat
Salat Idul Fitri di Mubar Bisa di Masjid dan Lapangan Terbuka
Mesjid Muna. Foto: Ist.

" Pemda tetap memberi ruang jika ada masyarakat yang akan melaksanakan salat Idul Fitri di masjid dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan. "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 Hijriah di Kabupaten Muna Barat (Mubar) bakal dilaksanakan di lapangan Desa Lahaji, Kecamatan Napano Kusambi.

Namun Pemda juga mengijinkan masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Fitri di mesjid dan musholla.

Kabag Kesra Setda Mubar, Laode Karimu mengatakan, keputusan pelaksanaan salat ied tersebut mengacu pada surat edaran Kementrian Agama dan Gubernur Sultra bahwa pelaksanaan salat Idul Fitri bisa dilaksanakan di masjid, Mushola, dan lapangan.

Atas dasar itu, Pemda Mubar menetapkan lapangan di Desa Lahaji, Kecamatan Napano Kusambi sebagai tempat pelaksanaan salat Idul Fitri tahun ini.

"Pemda tetap memberi ruang jika ada masyarakat yang akan melaksanakan salat Idul Fitri di masjid dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Laode Karimu melalui sambungan telepon, Kamis (6/5/2021).

Baca juga: Dua Bus Damri Tertahan di Torobulu hingga Malam

Baca juga: ASN Jawa Timur Dilarang Mudik Lebaran

Karimu mengaku, penetapan salat Idul Fitri di lapangan Desa Lahaji dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Kemudian, Pemda juga telah menunjuk pihak kecamatan sebagai koordinator untuk memastikan tempat salat yang bersih dan steril dari kotoran, sehingga saat melaksanakan salat Idul Fitri jamaah bisa khusyu dan nyaman.

"Saat ini tempatnya sudah di pagari, sehingga hewan ternak tidak bisa masuk ke dalam. Menyediakan fasilitas protokol kesehatan hand sainitaiser dan masker. Pemetaan tempat dibatasi dengan tali untuk memastikan jarak antar jamaah," jelasnya.

Karimu juga menyampaikan, kepastian tempat salat Idul Fitri ini tergantung cuaca. Jika cuaca tidak mendukung, maka pelaksanaan salat Idul Fitri dilakukan di mesjid masing-masing.

"Kalau cuaca saat ini tidak ada perubahan sampai hari pelaksana salat Idul Fitri, maka kondisi terburuknya kita laksanakan di mesjid masing-masing saja," pungkasnya. (B)

Reporter: Laode Pialo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga