adplus-dvertising

Salat Solusi Segala Masalah

Haerani Hambali, telisik indonesia
Jumat, 22 Juli 2022
459 dilihat
Salat Solusi Segala Masalah
Jika hati terasa sesak, masalah yang dihadapi terasa sangat rumit dan tipu muslihat sangat banyak, maka bersegeralah datang ke tempat salat, dan salatlah. Foto: Repro islampos.com

" Salat merupakan sistem proteksi dalam kehidupan seseorang. Jika salatnya baik, maka kehidupan dunia dan akhiratnya pun akan baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa salat adalah solusi dari semua masalah. Bahkan banyak Muslim yang mengetahui hal itu, tetapi enggan mendirikan salat, karena hatinya tertutup dari hidayah Allah.

Saat menghadapi masalah, yang pertama mereka pikirkan adalah mencari solusi kepada manusia. Misalnya dokter atau bahkan paranormal untuk mengobati penyakit; bertanya kepada psikolog atau psikiater untuk mencari jawaban terhadap persoalan yang menimpa keluarganya; atau mencari ahli keuangan untuk mengatasi masalah bisnisnya.

Salat sejatinya adalah sarana komunikasi umat Islam untuk berdialog, mengadukan dan menyampaikan segala keluhan dan persoalan dari persoalan hidup yang dihadapi. Banyak orang yang dilanda banyak masalah dan persoalan hidup, namun mereka berusaha menyelesaikannya sendiri menggunakan akal mereka yang sangat terbatas.


Manusia memang sering lupa, bahwa awal mula adanya masalah itu adalah hasil dari terbengkalainya tugas yang Allah berikan kepada kita. Jika kita merasa tidak mampu, maka tugas kita selanjutnya tinggal mengembalikan saja kepada Allah sambil mengadu bahwa kita tidak mampu.

Melansir kumparan.com, salat merupakan sistem proteksi dalam kehidupan seseorang. Jika salatnya baik, maka kehidupan dunia dan akhiratnya pun akan baik. Begitu juga sebaliknya, jika salatnya buruk, amburadul, tidak teratur dan bolong-bolong, maka kehidupan dunia maupun akhiratnya juga akan demikian sebagaimana ia memperlakukan salatnya.

Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam

bersabda: ”Yang pertama-tama dipertanyakan (diperhitungkan) terhadap seorang hamba pada hari kiamat dari amal perbuatannya adalah tentang salatnya. Apabila salatnya baik maka dia beruntung dan sukses dan apabila salatnya buruk maka dia kecewa dan merugi. (HR. An-Nasaa’i dan Tirmidzi).

Orang yang menjaga salatnya dengan baik, benar dan khusyuk, insyaallah hidupnya akan terasa tenang, tenteram, dan nyaman, meskipun hartanya pas-pasan, namun selalu diberi kecukupan oleh Allah. Inilah yang terpenting, hal ini lebih baik daripada orang yang bergelimang harta tapi tidak pernah cukup.

Mengapa orang yang menjaga salatnya bisa terlindungi dari berbagai masalah dan persoalan hidup?

Dalam bacaan salat lengkap, mengandung doa dari semua yang dibutuhkan oleh manusia. Mulai dari kepentingan dunia sampai akhiratnya. Itulah sebabnya kenapa dengan salat, kehidupan seseorang bisa terjamin mulai dari dunia sampai akhirat.

Hal ini bukan berarti menafikan kewajiban muslim yang lain seperti puasa, zakat ataupun haji. Sebab, seseorang yang salatnya terjaga dengan baik, kewajiban yang lain pun secara otomatis juga terjaga dengan baik.

Siapapun yang hidup di bumi ini pasti akan menghadapi masalah. Allah Ta’ala sebagai Pencipta Alam Semesta sudah mengetahui dan karena itu juga telah mempersiapkan metode terbaik dalam menghadapi setiap masalah, yakni dengan sabar dan salat.

Baca Juga: Doa Ketika Hujan Turun, Yuk Amalkan

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 153).

Dikutip dari Hidayatullah.com, Syeikh Aid Al-Qarni dalam buku fenomenalnya La Tahzan menuturkan bahwa jika Rasulullah ditimpa sebuah ketakutan, beliau akan segera melakukan salat.

Suatu waktu beliau berkata kepada Bilal, “Ketenanganku ada pada salat.”

Aid Al-Qarni juga menjelaskan, “Jika hati terasa menyesak, masalah yang dihadapi terasa sangat rumit dan tipu muslihat sangat banyak, maka bersegeralah datang ke tempat salat, dan salatlah.”

Salat sebenarnya bukan semata ritual, ia sumber menyedot dan menyadap kekuatan Ilahiyah untuk setiap jiwa mampu menghadapi masalah dengan tenang, cerdas dan solutif. Sebab dalam salat ada masa di mana Allah sangat dekat pada seorang hamba, yakni di kala sujud.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Rasûlullâh shallallaahu alaihi wasallam bersabda:

Baca Juga: Besarnya Keutamaan Sabar dalam Pandangan Islam

Sedekat-dekat seorang hamba kepada Tuhannya yaitu ketika ia sujud, maka perbanyaklah berdoa di dalam sujud.” (HR. Muslim).

Dengan demikian mari kita jadikan salat sebagai media penting dalam hidup kita untuk benar-benar dekat kepada Allah Ta’ala untuk menemukan solusi dari setiap masalah yang kita hadapi. Bukan sekedar ritual dan kurang begitu antusias dalam menjalankannya. (C)

Penulis: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga