Salat Tarawih Terlama Sampai 8 Jam, Selesaikan 30 Juz dan 4 Kali Ganti Imam

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 06 April 2022
0 dilihat
Salat Tarawih Terlama Sampai 8 Jam, Selesaikan 30 Juz dan 4 Kali Ganti Imam
Salat tarawih di Masjid Agung Al Fatah Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, butuhkan waktu sampai 8 jam. Foto: Repro Kalteng.go.id

" Salat tarawih ini bahkan bisa dilakukan selama 8 jam dalam satu kali tarawih. Tempatnya di Masjid Agung Al-Fatah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan "

MAGETAN, TELISIK.ID - Beberapa hari lalu sempat viral salat tarawih yang tercepat yaitu selama 7 menit. Namun kini viral salat tarawih yang dilakukan dalam waktu yang lama.

Melansir Viva.co.id, salat tarawih ini bahkan bisa dilakukan selama 8 jam dalam satu kali tarawih. Tempatnya di Masjid Agung Al-Fatah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan.

Untuk jumlah rakaatnya sebenarnya sama dengan masjid lainnya yakni terdiri dari 20 rakaat tarawih dan tiga rakaat witir.

Pengurus Pondok Pesantren Al Fatah, Zaenal Abidin, mengatakan salat tarawih yang digelar di Masjid Al-Fatah jumlah rakaatnya sama dengan di masjid lain yaitu 20 rakaat salat tarawih dan tiga rakaat salat witir. Bedanya, tarawih di masjid ini menyelesaikan bacaan satu mushaf Al-Qur’an dalam satu kali salat tarawih.

Dengan panjangnya ayat Al-Qur’an yang dibaca membuat waktu salatnya pun menjadi lama.

"Jadi 30 juz di Al-Qur’an dibagi untuk 20 rakaat. Dengan empat rakaat salam. Jadi satu rakaat rata-rata 1 juz Al-Qur’an," jelasnya, dilansir dari Liputan6.com.

Baca Juga: Salat Tarawih Kilat Kembali Viral, 2 Rakaat Tak Sampai 5 Detik

Biasanya, salat tarawih dilaksanakan sehabis salat Isya sekitar pukul 19.00 WIB dan selesai keesokan harinya sekitar pukul 03.00 WIB atau tepat pada saat sahur. Peserta salat tarawih kebanyakan dari kalangan penghafal Al-Qur’an atau hafiz, mulai para santri Ponpes Al Fatah dan pengajar pondok tersebut.

Untuk imam salat pun ada empat orang sehingga selama 20 rakaat ada pergantian imam. Makmum salat tarawih itu pun harus menyimak secara seksama bacaan imam yang hafal Al-Qur’an. Terlihat beberapa makmum membawa mushaf Al-Qur’an saat salat.

"Sebenarnya salat tarawih ini untuk umum. Masyarakat luar juga bisa ikut. Tetapi, karena waktunya lama, jarang warga umum yang bisa mengikuti," jelas dia.

Baca Juga: Viral: Ratusan Muslim Salat Tarawih di Times Square New York, Pertama dalam Sejarah

Lebih lanjut, Zaenal Abidin menjelaskan sebenarnya di masjid yang memiliki luas sekitar 2 hektare ini tidak hanya ada satu majelis salat dengan bacaan 30 juz saja. Namun, ada beberapa majelis salat tarawih yaitu salat tarawih dengan 5 juz Al-Qur’an, 7 juz Al-Qur’an, dan 15 juz Al-Qur’an.

"Jadi salat tarawih di masjid besar tidak hanya satu titik atau majelis. Tetapi ada beberapa majelis dengan tempo waktu yang berbeda-beda. Tetapi paling lama memang yang 30 juz ini," terang warga yang sudah puluhan tahun menetap di Desa Temboro ini.

Untuk salat tarawih dengan bacaan 30 juz ini memang hanya ada di satu lokasi masjid. Sedangkan, untuk masyarakat umum di Desa Temboro biasanya salat tarawihnya dengan bacaan 1 juz sampai 1,5 juz dalam satu kali salat tarawih dengan tempo sekitar 1 jam sampai 1,5 jam. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga