Sapi di Kolaka Utara Resahkan Pengendara Akibat Sering ke Badan Jalan dan Taman Kota

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 27 Desember 2022
0 dilihat
Sapi di Kolaka Utara Resahkan Pengendara Akibat Sering ke Badan Jalan dan Taman Kota
Belasan ternak sapi merumput di taman kota depan masjid agung Lasusua tepatnya jalur By Pass Lasusua-Tobaku, resahkan pengendara. Foto: Muh.Risal H/Telisik

" Belasan ekor ternak sapi yang kerap berkeliaran di jalan umum tepatnya jalur By Pass Lasusua-Tobaku membuat para pengendara resah "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Belasan ekor ternak sapi yang kerap berkeliaran di jalan umum tepatnya jalur By Pass Lasusua-Tobaku membuat para pengendara resah.

Pasalnya, ternak sapi tersebut berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas bagi pengendara motor dan roda empat akibat masuk badan jalan.

Tidak hanya itu, ternak dengan nama ilmiah Bos Taurus tersebut juga sering merumput dan merusak taman kota tepat di depan masjid agung Kota Lasusua serta tanaman milik warga.

Baca Juga: Ibu Rumah Tangga di Manggarai Diminta Terlibat Awasi Pemilu

Salah seorang pengendara motor, Reza yang kerap melintas di jalur By Pass area masjid agung menuturkan, belasan ternak tersebut hampir tiap Minggu merumput di sekitar taman depan masjid.

"Itu sapi hampir setiap Minggu kalau saya melintas ada di taman itu makan rumput," katanya.

Kata dia, keberadaan ternak tersebut membahayakan pengguna jalan karena kerap masuk ke badan jalan.

"Kadang juga memotong masuk ke badan jalan dan ini membahayakan pengguna jalan," terangnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan biasanya ternak-ternak itu berkeliaran di jalur By Pass pada pagi hari sekitar pukul 10.00 Wita.

Baca Juga: Promosi Potensi Wisata, Perayaan Pergantian Tahun Konawe Selatan Dipusatkan di Desa Namu

Senada, Asbar pengendara motor yang juga sering melintas di tempat tersebut menyatakan, belasan ternak itu terkadang mengganggu pengguna jalan saat melintas.

"Kadang kalau kita melitas pagi pas ketemu rombongan sapi, harus pelan-pelan karena kadang memotong jalan," tukasnya.

Sementara itu, sampai saat ini belum ada keterangan dari instansi berwenang terkait upaya penertiban hewan ternak yang sering merumput di sekitar taman Kota Lasusua dan kerap berkeliaran dan merusak tanaman warga. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga