Sayuran Terbaik untuk Atasi Sembelit

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 06 Juni 2023
0 dilihat
Sayuran Terbaik untuk Atasi Sembelit
Mengatasi sembelit juga bisa dari menjaga pola makan dengan mengonsumsi sayuran yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Foto: Republika.co.id

" Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang sebenarnya sudah sangat umum dialami setiap orang "

KENDARI, TELISIK.ID - Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang sebenarnya sudah sangat umum dialami setiap orang. 

Kondisi ini disebabkan oleh penurunan aktivitas usus. Gejala sembelit umumnya diawali dengan keluhan susah BAB. Kondisi yang dikategorikan dalam sembelit adalah ketika seseorang BAB dengan frekuensi kurang dari 3 kali seminggu. 

Mengutip Halodoc.com, selain kurang serat, kurang minum juga bisa memicu terjadinya sembelit. Perubahan pola makan, seperti diet atau terlalu banyak mengonsumsi produk olahan susu juga bisa menyebabkan susah buang air besar.

Namun, hal ini  belum cukup untuk dijadikan acuan diagnosis karena frekuensi buang air besar untuk setiap orang akan berbeda.

Baca Juga: Tidak Pede Oral Seks karena Mr P Bau, Ini Tipsnya

Sebagai besar orang bisa buang air besar setiap hari bahkan hingga beberapa kali sehari. Tetapi, ada juga seseorang yang terbiasa buang air besar hanya sekali atau dua kali dalam seminggu. 

Mengatasi sembelit juga bisa dari menjaga pola makan dengan mengonsumsi sayuran yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Berikut jenis sayuran yang bisa atasi sembelit dikutip dari Kompas.com dan halodoc.com:

1. Brokoli

Dalam 1 cup brokoli, setara dengan 70-90 gram brokoli rebus, terdapat 5,1 gram serat. Angka ini tentu cukup tinggi dan telah memenuhi 1/5 kebutuhan serat harian orang dewasa. Kandungan serat pada brokoli pun 2 kali lebih tinggi jika diolah dengan metode pemasakan bukan dikonsumsi mentah. Untuk itu, sajikan brokoli rebus, kukus, atau panggang untuk mengatasi sembelit.

2. Kubis

Kubis adalah sayuran dengan kandungan cairan dan serat yang baik, sehingga merupakan jenis sayur yang jitu mengatasi sembelit. Dalam 1 porsi kubis, setara dengan 5-6 sendok besar kubis yang direbus, terdapat 3,9 gram serat. Kamu bisa memilih jenis kubis merah untuk tambahan 0,3 gram serat dalam porsi yang sama.

3. Kacang Hijau

Menurut USDA, secangkir kacang hijau yang dimasak mengandung 9 gram serat makanan, yang merupakan 32 persen dari nilai harian. Serat makanan dalam kacang hijau hadir dalam dua bentuk: tidak larut dan larut. Serat larut bertindak sebagai prebiotik yang memberi makan bakteri baik dalam usus yang meningkatkan kesehatan pencernaan.

Baca Juga: 5 Tips Buat Makanan Cepat Saji jadi Lebih Sehat

4. Artichoke

Artichoke adalah tunas bunga thistle yang dipanen sebelum bunganya mekar. Satu artichoke ukuran sedang mengandung 7 gram serat, atau 25 persen kebutuhan harian (DV-daily value). Tanaman yang mirip onak ini memiliki ciri khas deretan daun berujung duri yang melindungi daging bagian dalam yang dapat dimakan (dikenal sebagai jantung artichoke).

Bagian tersebut dikenal kaya akan serat prebiotik yang disebut inulin. Seperti yang diungkap dalam artikel tahun 2021 yang diterbitkan dalam Industrial Crops and Products. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga