Sebanyak 2.019 Calon Jemaah Haji Sultra Batal Berangkat ke Tanah Suci

Siswanto Azis, telisik indonesia
Rabu, 03 Juni 2020
0 dilihat
Sebanyak 2.019 Calon Jemaah Haji Sultra Batal Berangkat ke Tanah Suci
Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara, La Maidu. Foto: Siswanto Azis/ Telisik

" Keputusan tersebut tertuang di dalam keputusan Menteri Agama nomor 494 tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan jemaah haji tahun 2020. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 2.019 calon jemaah haji Sulawesi Tenggara batal berangkat tahun ini, setelah Kementerian Agama meniadakan ibadah haji tahun 2020.

"Keputusan tersebut tertuang di dalam keputusan Menteri Agama nomor 494 tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan jemaah haji tahun 2020," ujar Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Departemen Agama Sulawesi Tenggara La Maidu, kepada Telisik.id, Rabu (3/6/2020).

Menurut La Maidu, Menteri Agama sudah memberikan keterangan resmi tentang meniadakan pemberangkatan ibadah haji pada tahun ini.

"Jadi sudah resmi Indonesia tidak memberangkatkan haji pada tahun ini karena masih mewabahnya COVID-19, keputusan pak menteri ini sudah final," ujarnya.

Untuk itu La Maidu meminta kepada calon jemaah haji yang tahun ini tertunda keberangkatannya, agar bersabar dan bisa memahami kondisi pandemi virus COVID-19 yang saat ini melanda dunia.

Baca juga: Antara Juli-Agustus 2020 Tiongkok-AS akan Menuju Mars

La Maidu juga mengatakan bahwa, pihaknya saat ini masih menunggu kebijakan dari Kementerian Agama, apakah tahun depan kuota haji akan ditambah atau ada skema lain di tahun depan.

"Yang penting jemaah haji tahun 2020 dipastikan akan berangkat di tahun 2021, bahkan kalau jemaah 2020 ini ada yang meninggal atau sakit permanen bisa digantikan oleh ahli warisnya atau keluarganya asalkan sudah terdaftar, sudah lunas dan sudah pasti masuk nomor porsinya yang berangkat di tahun 2020," imbuhnya.

Untuk Sultra, tercatat ada 2.019 calon yang seharusnya menunaikan ibadah haji pada tahun ini. Mereka terdiri dari 1.293 perempuan, dan 739 laki- laki. Dan sebanyak 1.834 paspor jemaah haji sudah siap.

"Buku manasiknya sekitar 70 persen sudah terbagi ke daerah dan akan di distribusikan ke masing-masing jemaah," tutup La Maidu.

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Sumarlin

Baca Juga