Sederet Keindahan Alam Desa Wisata Sani-Sani Kolaka, Serasa di Atas Awan

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Selasa, 13 Juni 2023
0 dilihat
Sederet Keindahan Alam Desa Wisata Sani-Sani Kolaka, Serasa di Atas Awan
Keindahan alam Desa Sani-Sani Kabupaten Kolaka dari puncak indah kupu, serasa di atas awan. Foto: Ist.

" Sulawesi Tenggara memiliki potensi pariwisata yang cukup banyak diminati, karena keindahan dan pesona alamnya. Salah satu desa wisata yang menawarkan kekayaan alam yang luar biasa adalah Desa Wisata Sani-Sani yang terletak di Kecamatan Samaturu, kurang lebih 26 Km dari pusat Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara "

KOLAKA, TELISIK.ID - Sulawesi Tenggara memiliki potensi pariwisata yang cukup banyak diminati, karena keindahan dan pesona alamnya. Salah satu desa wisata yang menawarkan kekayaan alam yang luar biasa adalah Desa Wisata Sani-Sani yang terletak di Kecamatan Samaturu, kurang lebih 26 Km dari pusat Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Kehidupan masyarakat Desa Sani-Sani adalah petani dan nelayan. Memiliki kekayaan alam yang luar biasa seperti pantai, sawah, tambak, kebun cengkeh dan coklat. Menjadikan Desa Sani-Sani sebagai desa wisata yang wajib dikunjungi wisatawan.

Pemprov Sulawesi Tenggara bersama Pemda Kolaka memantapkan penampilan Desa Wisata Sani-Sani yang ada di daerah itu, usai masuk 75 besar desa wisata terbaik nasional melalui ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.

Baca Juga: Pantai Lakadao Buton Selatan, Surga Tersembunyi dengan Tebing Menjulang

Suasana pedesaan yang masih asri dan saat berada di puncak perkebunan cengkeh serasa di atas awan. Dengan potensi keadaan alam tersebut, pemerintah desa dan masyarakat sepakat untuk menjadikan Desa Sani-Sani sebagai desa wisata, yaitu arah pembangunan desa dan pengembangannya memaksimalkan potensi desa yang ada menjadi objek wisata, tentunya tanpa menghilangkan kearifa lokal dan suasana desanya.

Menikmati indahnya wisata Sani-Sani dengan kemping di sekitar puncak. Foto: Ist.

 

berswisata dengan menikmati kehidupan di alam pedesaan bersama masyarakat pedesaan, hidup bersama sebagai seorang petani sawah, atau pekebun cengkeh, petani rumput laut, atau sebagai nelayan, merasakan kehidupan dengan suasana yang berbeda merupakan pengalaman yang berbeda jika berkunjung ke desa ini.

Selain itu, di Desa Sani-Sani terdapat dua puncak yang tidak kalah indah, puncak indah kapu yang diberi nama river of clouds camp. Di sini wisatawan bisa kemping dalam suasana alam perkebunan cengkeh berada di ketinggian puncak kurang lebih memiliki ketinggian 400 dari permukaan laut, selain itu pengunjung juga akan bisa menikmati awan yang berbentuk sungai di pagi hari dan malam hari.

Puncak indah kapu 2 yang diberi nama garden in the sky camp. Di lokasi ini wisatawan akan menemukan pengalaman yang berbeda dari puncak yang pertama, yaitu suasana di puncak seperti sedang berada di taman atas langit, karena dari lokasi ini pengunjung bisa melihat sekaligus dua pemandangan yang berbeda, satu sisi kita akan melihat pemandangan laut dengan gugusan pulau padamarangnya dan sisi lainnya, akan melihat pemandangan sebuah lembah pedesaan dan semuanya bisa menikmatinya di satu tempat yang sama.

Seorang pengunjung dari Kabupaten Konawe Selatan, Nur Agusta Sari mengatakan, berkunjung ke Desa Sani-Sani memang memiliki keunggulan tersendiri dari desa-desa lain. Di situ terdapat wisata agro, wisata pantai, wisata pegunungan, dan juga wisata budaya.

Wisatawan bisa merasakan menanam padi di Desa Wisata Sani-Sani. Foto: Ist.

 

"Jadi kita tidak hanya dapat menikmati keindahan alamnya, tetapi kita juga bisa merasakan hidup sebagai warga desa dnegan bertani dan belajar budayanya," ujar Nur pada Kamis (22/6/2023).

Baca Juga: Lapa-Lapa Ubi Makanan Khas Masyarakat Buton Selatan

Desa Sani-Sani, selain potensi alam pedesaan juga bisa menikmati kesenian tradisional yang wisatawan dapat belajar menari atau melakukan kegiatan sanggar lainnya, yaitu kerajinan dari limbah minuman plastik, kerajinan bambu ataupun membuat mebel dari bambu dan kayu.

Pengunjung lainnya, Ahmad Nasrul mengatakan, berwisata di Desa Sani-Sani rasanya tidak cukup jika hanya sehari, karena pengunjung bisa mendapatkan wisata dengan paket lengkap dan diberi kenyamanan, mulai dari alamnya hingga warga sekitar yang ramah-ramah.

"Kemarin saya menyesal datang hanya sekedar singgah, rasanya saya belum puas mengeksplor Desa Sani-Sani. Saya akan datang lagi bersama teman atau keluarga dan akan menginap agar bisa merasakan banyaknya keindahan dari desa ini," ujarnya. (B-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga