Segini Gaji Fresh Graduate Alumni 3 Kampus terbaik di Indonesia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 22 Agustus 2023
0 dilihat
Segini Gaji Fresh Graduate Alumni 3 Kampus terbaik di Indonesia
Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) yang telah bekerja lima tahun mengalami peningkatan gaji. Foto: Repro Ayojakarta.com

" Berdasarkan tracer study yang dilakukan terhadap 1.500 alumni yang telah bekerja minimal 5 tahun, 46 persen alumni Ul menerima gaji sebesar Rp 3-6 juta "

KENDARI, TELISIK.ID - Gaji fresh graduate atau orang yang baru lulus dan belum punya pengalaman, biasanya lebih rendah dibanding yang berpengalaman. Meski begitu, almamater universitas juga dapat menentukan besaran gajimu sebagai fresh graduate.

Lalu berapa besaran rata-rata gaji fresh graduate dari tiga kampus terbaik? Tiga kampus terbaik yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dilansir dari Palpres.disway.id dan Ayojakarta.com, berikut penjelasannya.

1. Universitas Indonesia (UI)

Berdasarkan tracer study yang dilakukan terhadap 1.500 alumni yang telah bekerja minimal 5 tahun, 46 persen alumni Ul menerima gaji sebesar Rp 3-6 juta. Sebanyak 25 persen dari jumlah tersebut menerima gaji sebesar Rp 6-9 juta.

Baca Juga: Deretan BUMN dengan Gaji Tertinggi, Fresh Graduate Tembus hingga Rp 8 Juta Sebulan

Sekitar 15 persen lulusan Ul menerima gaji antara Rp 9-15 juta. Dan hanya 6 persen alumni Ul yang menerima gaji di atas Rp 15 juta.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Sayangnya, tak ada informasi publik tentang alumni UGM yang telah bekerja selama 5 tahun. Namun, sebuah survei yang dilakukan terhadap sekitar 3.000 pekerja UGM yang baru direkrut pada tahun 2020 menemukan, bahwa rata-rata gaji lulusan UGM yang telah bekerja selama 5 tahun adalah sekitar Rp 5 juta.

Baca Juga: Catat, Ini 8 Tips Dapat Kerja untuk Fresh Graduate yang Minim Pengalaman

Menurut survei tersebut, lulusan Fakultas Teknik UGM memiliki tingkat gaji yang terus naik.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Menurut tracer study ITB menunjukkan bahwa alumni yang telah bekerja setidaknya selama lima tahun mengalami peningkatan gaji, dari sekitar Rp 8,25 juta di tahun 2018 menjadi sekitar Rp 9,35 juta di tahun 2020.

Rata-rata gaji jurusan Teknik Informatika diperkirakan mencapai sekitar Rp 16 juta pada tahun 2020. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga