Logo Telisik.id

Sehari, Disduk Capil Kendari Layani 300 Warga

33 dibaca Sehari, Disduk Capil Kendari Layani 300 Warga

Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kendari, H. Halili. Foto: Ibnu Sina Ali Hakim/Telisik

" Rata rata yang baru merekam umur 17 tahun, dia memanfaatkan momen CPNS ini. Kalau yang lain itu hanya mengupgrade saja data-data yang tidak konek, dia hanya datang bawa Kartu Keluarga dan KTP nya terus kalau berbeda maka dilaporkan ke pusat untuk membuka portal di daerah, tugas kami hanya mengirim data."

KENDARI. TELISIK.ID - Pasca dibukanya pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) ditahun 2019, jumlah warga yang mengurus dokumen kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari meningkat.

Jika hari biasa, jumlah warga yang mengurus dokumen kependudukan sebanyak 100-200 orang, kini meningkat menjadi lebih dari 300 orang perhari.

Ini merupakan hal yang wajar, karena banyak warga warga yang ingin mengadu nasib menjadi ASN, sehingga memanfaatkan momen ini.

"Karena masyarakat dikala dia butuh pasti akan datang, apalagi keperluannya dengan CPNS ini. Namanya mengadu nasib, bagaimanapun akan datang ke Capil  sebagai syarat dari penerimaan CPNS itu yang berkaitan dengan Dokumen Kependudukan. Ada yang mengsahkan atau mengupgrade data-datanya baik itu KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran," ujar Kadis Dukcapil Kota Kendari, H.Halili

Kepengurusan Dokumen Kependudukan tahun ini juga di dominasi dengan para pemuda yang baru mau berkerja.

"Rata rata yang baru merekam umur 17 tahun, dia memanfaatkan momen CPNS ini. Kalau yang lain itu hanya mengupgrade saja data-data yang tidak konek, dia hanya datang bawa Kartu Keluarga dan KTP nya terus kalau berbeda maka dilaporkan ke pusat untuk membuka portal di daerah, tugas kami hanya mengirim data," tambahnya

Dengan kondisi saat ini, Halili mengaku siap memberikan pelayanan maksimal, namun masyarakat diminta untuk tetap sabar, karena semuanya sudah diatur berdasarkan SOP.

Untuk memberikan pelayanan akibat membludaknya warga, Disdukcapil juga membuka kantor lebih awal dan menutup kantor lebih lama.

Reporter: M1
Editor: Sumarlin

Copyright © 2019 Telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video