Sehari Jelang Ramadan Pasar di Kendari Ramai Pembeli

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 22 Maret 2023
0 dilihat
Sehari Jelang Ramadan Pasar di Kendari Ramai Pembeli
Suasana di Pasar Mandonga yang ramai pembeli jelang Ramadan. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" H-1 Ramadan, warga Kota Kendari terlihat memadati pasar-pasar tradisional, seperti Pasar PKL di Jalan Lawata dan Pasar Mandonga di Jalan Lasandara "

KENDARI, TELISIK.ID - H-1 Ramadan, warga Kota Kendari terlihat memadati pasar-pasar tradisional, seperti Pasar PKL di Jalan Lawata dan Pasar Mandonga di Jalan Lasandara.

Pantauan Telisik.id, dari pintu masuk Pasar PKL terlihat puluhan sepeda motor para pengunjung pasar terparkir, jumlahnya nampak dua kali lipat lebih ramai dari biasanya. Di dalamnya, para pedagang sibuk melayani permintaan pembeli yang datang.

Salah satu pedagang di Pasar PKL, Agus mengatakan, banyaknya pembeli baru mulai dirasakannya hari ini, Rabu (22/3/2023). Ia sendiri yang biasanya berdagang malam, kali ini membuka kedainya lebih pagi demi menjemput rezeki dari pembeli.

Baca Juga: Burger, Makanan Cepat Saji yang Diminati

Salah satu pembeli di Pasar PKL, Astri mengatakan, dirinya berbelanja untuk kebutuhan bahan dagangannya. Ia sendiri rutin menjadi pedagang takjil musiman di bulan Ramadan demi penuhi kebutuhan hari raya.

Sementara di Pasar Mandonga, kepadatan sudah dapat dilihat bahkan sebelum pintu masuk. Di Jalan Lasandara menuju pasar, kemacetan terjadi karena padatnya kendaraan yang keluar masuk pasar.

Masuk ke dalam Pasar Mandonga, sekira ratusan pengunjung sibuk lalu lalang membeli atau sekedar melihat-lihat. Lorong-lorong pasar hanya punya sedikit ruang untuk dapat dilewati karena kepadatan pengunjung.

Baca Juga: Tradisi Unik Masyarakat Kota Kendari Jelang Ramadan

Riuh ramai Pasar Mandonga lebih intens dirasakan dibanding di Pasar PKL meski sama-sama mengalami peningkatan pengunjung. Belum lagi medannya yang becek, membuat kemacetan makin parah.

Salah seorang pedagang, Syarifudin mengatakan, keramaian di tempatnya berdagang sudah dimulai sejak dua hari yang lalu. Hari ini ia banyak menemui wajah pembeli baru dibanding pembeli langganannya yang membeli di hari biasa.

Salah seorang pembeli, Dharmawati mengatakan, dirinya rela berdesak-desakan di Pasar Mandonga demi membeli ayam potong sebagai menu rutin keluarganya dalam menyambut Ramadan. (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga