Sejak Awal Pandemi COVID-19, Pulau Hoga Tak Lagi Dikunjungi Wisatawan

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Sabtu, 12 Februari 2022
0 dilihat
Sejak Awal Pandemi COVID-19, Pulau Hoga Tak Lagi Dikunjungi Wisatawan
Pesona Pulau Hoga yang terletak di sebelah timur Pulau Kaledupa. Foto: Boy/Telisik

" Sejumlah sektor wisata di Wakatobi tak berdaya menghadapi kejamnya dampak pandemi COVID-19 "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Bagi daerah wisata, pandemi COVID-19 menjadi pembunuh mematikan. Salah satu buktinya terjadi pada Pulau Hoga, Wakatobi, turut terdampak pandemi yang hingga kini belum berakhir.

Sejumlah sektor wisata di Wakatobi tak berdaya menghadapi kejamnya dampak pandemi COVID-19. Pulau yang menawarkan keindahan pasir putih, panjang dan halus yang menarik para wisatawan mancanegara itu pun tak luput dari dampaknya.

Pulau Hoga dulunya selalu ramai pengunjung karena selain nuansa pantai pasir putih yang menghiasi setiap penjuru pulau, juga terdapat resort untuk wisatawan beristirahat.

Di Pulau Hoga, wisatawan dapat melakukan atraksi pantai, seperti snorkeling dan diving, tracking serta aktivitas camping bersama keluarga. Namun kini pulau cantik itu tampak kosong akibat tidak dikunjungi sama sekali oleh wisatawan sejak awal pandemi 2020 lalu.

Kondisi Pulau Hoga kini sangat memprihatinkan akibat sepi pengunjung.

Baca Juga: Pesona Pantai Sombano Wakatobi, Wisata Eksotis yang Dikeramatkan

Rama, salah satu guide Kaledupa mengungkapkan, dulu banyak mahasiswa dari luar negeri pada musim ekspedisi Opwall  (Operation Wallacea) datang ke Pulau Hoga.

"Kalau sekarang lagi tidak ada tamu karena corona. Sama halnya dengan mahasiswa ekspedisi sudah lama tidak datang. Dulu banyak wisatawan datang kesini. Namun kondisi itu berubah setelah pandemi COVID-19, di mana penurunan ekstrem pengunjung kian terasa hingga mematikan aktivitas perekonomian," ungkap Rama.

Kondisi ini menjadikan beberapa bangunan resort dan homestay, mulai meninggalkan kesan horor akibat ditutup.

Baca Juga: Keunikan Danau Kasiono Oe di Muna Barat

"Hoga Dive Resort saat ini masih ditutup. Setiap harinya saya dan satu kawan lagi bertugas menjaga resort ini. Tidak ada lagi wisatawan yang datang kesini sejak ditutup saat awal pandemi," ungkap Rahmat, penjaga resort Pantai Hoga, Sabtu (12/2/2022)

Sementara itu, sebagai bentuk dukungan agar pariwisata Wakatobi khususnya Pulau Hoga kembali tumbuh, berbagai komunitas pemerhati lingkungan akan melakukan giat pembersihan area pantai.

"Sebelumnya kita telah melakukan giat bersih di Pulau Hoga. Insya Allah ke depan kita akan mengadakan kegiatan pembersihan pantai secara kolaborasi dan terus-menerus agar kelestarian alam tetap terjaga di pulau wisata,'' ungkap Gucu, Anggota Komunitas KPA Faturumbu Kaledupa. (A)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga