Sejumlah Kelompok Mahasiswa Mulai Konsolidasi Aksi Akbar 11 April

Haidir Ali, telisik indonesia
Sabtu, 09 April 2022
0 dilihat
Sejumlah Kelompok Mahasiswa Mulai Konsolidasi Aksi Akbar 11 April
Kelompok mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa sebagai ajang konsolidasi aksi akbar 11 April 2022. Foto: Haidir Ali/Telisik

" Aksi demonstrasi ini bertajuk cipta kondisi dengan tujuan menyerukan kepada seluruh masyarakat dan mahasiswa di Sultra terkhusus Kota Kendari, agar ikut bergabung pada aksi akbar "

KENDARI, TELISIK.ID - Ratusan mahasiswa kembali turun ke jalan melakukan aksi unjuk rasa. Aksi demonstrasi ini bertajuk cipta kondisi dengan tujuan menyerukan kepada seluruh masyarakat dan mahasiswa di Sultra terkhusus Kota Kendari, agar ikut bergabung pada aksi akbar, Senin 11 April mendatang.  

Ada dua kelompok organisasi mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa, mereka adalah DPC GMNI Kendari dan Kelompok Mahasiswa Matahari FISIP UHO.

Mereka melakukan aksi demonstrasi di dua tempat berbeda. DPC GMNI Kendari melakukan aksi unjuk rasa di seputaran bundaran Gubenur Sutra, sementara kelompok mahasiswa Matahari FISIP UHO di bundaran Tank Anduonohu.

Aksi yang dilakukan mulai pukul 15.00 Wita itu menyebabkan di dua tempat tersebut mengalami kemacetan yang cukup parah.

Kelompok mahasiswa Matahari FISIP UHO dan DPC GMNI Kota Kendari melakukan aksi cipta kondisi sekaligus membagikan selembaran. Sekjen DPC GMNI Kendari, Firman, mengajak kepada seluruh mahasiswa dan Sultra untuk ikut bergabung melakukan aksi akbar, Senin 11 April mendatang di kantor DPRD Sultra.

"Aksi ini cipta kondisi saja, mengajak seluruh masyarakat untuk ikut demo akbar pada Senin mendatang," ungkap Firman.

Baca Juga: Tanggapi Aksi Demonstrasi Mahasiswa, Ketua DPD GMNI Sultra: Kritik Harus Solutif dan Rasional

Sementara itu, Jenlap Kelompok Mahasiswa Matahari FISIP UHO, Ikbal Rahmawan juga mengatakan, unjuk rasa yang dilakukan bertujuan mengajak masyarakat agar bergabung pada aksi 11 April mendatang.

"Ini hanya demo cipta kondisi saja, nanti lusa baru kita demo akbar," ujar Ikbal.

Para pengunjuk rasa juga menyerukan beberapa tuntutan yang akan dibawa di kantor DPRD Sultra, Senin mendatang.

Adapun tuntutan mereka yaitu:

  1. Menolak wacana perpanjangan 3 periode. 
  2. Menolak wacana penundaan pemilu 2024.
  3. Mendesak pemerintah untuk menuntaskan kelangkaan minyak goreng.
  4. Mendesak pemerintah untuk menyelesaikan kenaikan BBM merek Pertamax.
  5. Menolak kenaikan pajak pendapatan nasional, dan tuntaskan pelanggaran HAM di Sultra.

Baca Juga: Aksi Demonstrasi di Kantor Gubernur Sultra Berujung Ricuh

Para demonstran akan melanjutkan aksinya pada Senin mendatang, dengan menambah jumlah masa lebih banyak lagi. Olehnya itu, hari ini para pengunjuk rasa sebagai ajang konsolidasi dan membagikan selebaran kepada masyarakat.

"Aksi ini akan berlanjut lagi di tanggal 11 mendatang, hari ini kita konsolidasi kepada seluruh masyarakat dan mahasiswa di Sultra terkhusus di Kota Kendari dan juga kita bagikan selebaran pernyataan sikap," kata Rasmin, salah seorang pengunjuk rasa. (A)

Reporter: Haidir Ali

Editor: Kardin

Baca Juga